RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

10 Pertanyaan Belum Terjawab Yang Kami Masih Miliki Tentang Film US

Jordan Peele menggemparkan dunia horor dengan Get Out tahun 2017, namun di film selanjutnya “US” terlalu banyak meninggalkan pertanyaan yang masih belum terjawab.
Us merupakan film ke2 dari Jordan Peele yang menurut kami memiliki cerita yang mengerikan. US merupakan film horror yang menggambarkan tentang sebuah keluarga yang diserang oleh orang-orang bertopeng yang ternyata memiliki wajah persis seperti mereka sendiri. Mereka disebut Tethered, klon yang dibuat oleh pemerintah untuk mengontrol klon mereka yang tinggal didunia atas. Namun sayang para Tethered ini gagal, mereka semua akhirnya dipaksa untuk tetap tinggal dibawah tanah, tidak ada arah, tidak pernah merasakan kelayakan seperti yang manusia atas rasakan.
Catatan: Untuk artikel ini kita akan menyebut Red sebagai wanita yang menggantikan Adelaide, dan Adelaide sebagai wanita yang diculik dan memiliterisasi Tethered.

1. Mengapa Adelaide Tidak Dapat Kembali Ke Dunia Atas, Setelah Diculik Oleh Red

Diakhir film US, alur cerita klasik terungkap. Dimana Adelaide sebenarnya diculik oleh Red saat Adelaide bermain ke taman bermain ketika masih kecil. Adelaide diikat di kasur oleh Red sehingga Adelaide tidak bisa mengikutinya kembali.

Namun kenyataannya dia tidak dirantai selamanya. Sebagai seorang “Manusia” yang sesungguhnya dan pernah tinggal di dunia atas, harusnya Adelaide bisa menemukan cara untuk kembali ke dunia atas. Bagaimanapun Adelaide mungkin adalah dalang dari para Tethered datang dan menyerang para kembaran mereka di dunia atas untuk membalas dendam. Jadi mengapa Adelaide tidak meninggalkan dunia bawah tanah?

2. Bagaimana Red Dapat Beradaptasi Dengan Baik ke Dunia Di Atas Tanah?

Ketika Red menculik Adelaide dan menggantikannya, jelas bahwa orang tuanya memperhatikan ada sesuatu yang aneh dan menyimpulkan bahwa perubahan karakternya berasal dari trauma “tersesat” di Santa Cruz.

Namun, mengingat Red berasal dari dunia bawah tanah dan belum pernah berbicara sebelumnya, sungguh mengherankan bahwa dia bisa beradaptasi dengan cepat. Pluto adalah anggota Tethered yang muncul ke dunia atas pada usia yang kira-kira sama dengan Red. Namun, gerakannya bersifat kebinatangan, dia tidak dapat berbicara dan sepertinya dia tidak akan pernah bisa belajar untuk berbaur dengan dunia nyata. Meski begitu, entah bagaimana Red belajar beradaptasi dengan dunia di atas dengan begitu mulus sehingga tidak ada seorang pun selain Jason yang mencurigai sesuatu.

3. Apakah Red Lupa Bahwa Dia Salah Satu Dari Tethered?

Diakhir film US, Red mampu membunuh Adelaide yang nyawanya telah dicuri bertahun-tahun oleh Red. Saat Adelaide meninggal, dia bersiul diiringi lagu “The Itsy Bitsy Spider,” lagu yang dia nyanyikan sebelum dia diculik di aula cermin. Satu teori yang dapat menjelaskan mengapa Red begitu mudah mencuri nyawa orang lain adalah dengan melalui waktu dan psikoterapi yang ekstensif, dia meyakinkan dirinya sendiri bahwa Tethered dan hidupnya di bawah tanah tidak pernah benar-benar terjadi.

Mungkin sampai saat Adelaide menyiulkan lagu yang akrab ini, Red meyakinkan dirinya sendiri bahwa tiruannya, aula cermin, dan bawah tanah semuanya hanyalah mimpi buruk yang membuatnya merasa sangat tidak nyaman. Pluit kemudian bisa bertindak sebagai pemicu, mengingatkan Red tentang semua yang telah dia lakukan dan inilah mengapa dia mencoba menghentikan luka Adelaide.

4. Akankah Jason Membiarkan Rahasia Red Terbongkar?

Setelah plot yang tak terduga pada akhir film, putra Red  Jason menatapinya dengan wajah yang penuh curiga sebelum akhirnya dia menarik topengnya ke bawah. Tersirat dari adegan ini bahwa Jason mengetahui Red adalah salah satu dari Tethered.

Keheningan Jason dan tindakan menarik topeng di wajahnya menyiratkan bahwa dia memilih untuk tetap diam tentang rahasia Red, tapi berapa lama itu bisa bertahan? Apakah Jason tidak akan peduli karena Red adalah ibu yang telah menyelamatkan nyawanya? Atau dia tetap diam karena takut? Mengingat usia Jason yang masih muda, sepertinya rahasia ini tidak akan bisa disembunyikan selamanya.

5. Apakah Jason Sebenarnya Juga Salah Satu Tethered?

Teori paling populer diantara fans adalah Jason juga seorang Tethered seperti Red, yang pada titik tertentu Jason beralih hidup di dunia atas. Teori ini digunakan untuk menjelaskan pandangan mengetahui Jason terhadap Red di akhir film. Ini akan menjelaskan mengapa Jason terlibat dengan pengetahuan bahwa Red adalah salah satu Tethered. Namun, teori fans ini telah dikemukan oleh Jordan Peele. Anda dapat membaca lebih lanjut disini.

6. Apa Yang Terjadi Dengan Wajah Pluto?

Pluto adalah kembaran dari Jason yang merupakan seorang Tethered. Pertama kali terlihat Pluto mengenakan topeng kulit berwarna putih, ketika Pluto bersama Jason dia membuka topeng nya dan menunjukkan wajahnya yang memiliki luka bakar parah dari hidung hingga mulut. Tidak jelas persis mengapa atau bagaimana Pluto bisa mendapatkan luka itu.

Diawal film Jason sering terlihat memainkan api. Jadi kemungkinan besar Pluto menirukan kebiasaan ini. Namun jika Jason tidak pernah mengalami luka, mengapa Pluto bisa terluka? Ada kemungkinan bahwa manusia menuai manfaat dari kehidupan sedangkan Tethered hanya mendapatkan penderitaan. Jason bermain api dan dapat menghindari cedera, sedangkan Pluto tidak dan mendaptkan luka bakar. Namun sifat sebenarnya dari kecelakaan itu tidak pernah dijelaskan.

7. Kenapa Red Menjadi Kesal Ketika Umbrae dan Pluto Meninggal?

Keluarga Wilson adalah satu-satunya kelurga yang dapat mengalahkan Tethered mereka sendiri. Gabe Membunuh Abraham, Zora melempar Umbrae dari mobil, dan Jason menipu Pluto agar masuk ke dalam api. Dalam adegan dimana Umbrae dan Pluto mati, Red terlihat kesal. Dia menghibur Umbrae saat dia sekarat dan berteriak disaat Pluto masuk kedalam api.

Red menjadi Adelaide pada usia yang sangat muda, jadi masuk akal jika Zora dan Jason adalah anak kandungnya. Jadi mengapa Red marah ketika anak Tethered meninggal? Mungkin terlalu menyakitkan untuk melihat kematian anak-anak yang sangat mirip dengan anak kandungnya?

8. Apa Alasan Pemerintah Menciptakan The Tethered?

Adelaide menjelaskan bahwa Tethered dibuat oleh pemerintah untuk mengontrol manusia dan ditinggalkan di bawah tanah ketika eksperimen gagal. Meskipun penjelasan ini memberi tahu kita bagaimana Tethered dibuat, penjelasan ini tidak memberikan penjelasan lengkap mengapa mereka diciptakan. Seperti maksud dan tujuan mengapa pemerintah ingin mengontrol umat manusia dan siapa secara khusus didalam pemerintah yang menciptakan Tethered?

9. Apakah Tethered Hanya Bisa Membunuh Versi Asli Mereka Sendiri?

Tidak ada alasan nyata mengapa Tethered tidak dapat membunuh tanpa pandang bulu. Kitty’s Tethered, Dahlia, bahkan berkesempatan untuk membunuh Red saat ia memborgolnya di rumah Tyler. Dahlia membawa gunting dan mengarahkan ke wajah Red namun dia ragu-ragu dan berbalik dengan marah. Mungkinkah Adelaide memerintahkan Tethered untuk hanya membunuh rekan aslinya saja?

10. Apa yang Akan Tethered Lakukan Sekarang?

Film US diakhiri dengan scene ikonik terakhir Tethered yaitu bergandengan tangan satu sama lain membentuk rantai manusia raksasa setelah mereka membunuh rekan aslinya, dan mereka sekarang berada di dunia atas. Adelaide telah mengungkapkan bahwa dia adalah orang yang melatih Tethered sebagai tentara untuk membunuh rekan-rekan mereka dan bahwa menggunakan “Hands Across America” ​​sebagai pernyataan simbolis untuk Tethered.

Namun setelah Adelaide terbunuh, Tethered dibiarkan tanpa seorang pemimpin. Para Tethered berpengan tanpa alasan di dunia atas, diamana orang yang biasa mereka tirukan sudah meninggal. Apa yang akan mereka lakukan sekarang tanpa ada yang memimpin mereka dan rekan yang bisa mereka tiru?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *