RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

10 Pusaka Jawa Kuno Yang Menjadi Incaran Para Kolektor

Pusaka di Indonesia bisa dibilang sangat banyak. Pada zaman dahulu benda pusaka ini kebanyakan adalah sebuah senjata yang digunakan untuk berperang dan lain-lain. Dimana biasanya benda pusaka ini dibuat oleh para ahl yang sudah terkenal. Benda pusaka in juga biasanya memiliki sejarah dan cerita mistis dibalik pembuatannya. 

Pada masa kini benda pusaka ini menjadi incaran banyak orang, karena dinilai memiliki banyak sekali sejarah dibalik pembuatannya. 10 pusaka berasal dari Jawa kuno berikut termasuk pusaka yang sangat diincar oleh banyak kolektor. Penasaran ini dia benda pusaka 10 pusaka tersebut. 

Keris Mpu Gandring

Keris pertama adalah Keris Mpu Gandring. Sebagian dari kalian pasti sering mendengar nama ini karena beberapa film Indonesia sering menyebutkan keris satu ini. Keris Mpu Gandring memiliki sejarah dimana awalnya keris ini merupakan pesanan dari Ken Arok. Ken Arok meminta keris satu ini harus diselesaikan dalam satu hari. Namun sayangnya keris tersebut tidak dapat selesai dalam sehari. Karena hal ini Ken Arok pun marah dan menusuk sang pembuat keris. Sebelum terjadinya pembunuhan ini ternyata keris tersebut sudah diberikan kutukan, dimana keris tersebut akan membunuh 7 turunan dari keluarga Ken Arok.

Keris Pusaka Setan Kober

Keris buatan Mpu Supa Mandagri ini dipercaya memiliki aura yang panas. Karena dipercaya bahwa keris satu ini memiliki kekuatan magis yang bisa dikatakan dahsyat. Keris ini ternyata juga sangat mempengaruhi watak dari pemiliknya yaitu Adipati Jipang. Selain itu ada cerita dimana ketika keris ini dicabut dari Warangkanya bumi ini bergetar bahkan ada yang mengatakan juga bahwa akan terjadi badai dan beberapa kejadian alam lainnya. 

Keris Nogososro

Keris satu ini merupakan peninggalan pusaka Jawa Kuno yang dikatakan paling sakti. Siapa saja yang memiliki keris satu ini dipercaya dapat memberikan kejayaan ketika seseorang sedang memerintah suatu wilayah. Bahkan ketika terjadi keributan di kayangan, Keris Nogososro dapat meredam keributan tersebut. Beberapa sumber mengatakan bahwa Presiden Ir. Soekarno pernah memiliki keris satu ini. 

Keris Kyai Carubuk

Keris buatan tangan dari Mpu Supa Mandagri ini memiliki ciri 17 lekukan. Keris Kyai Carubuk merupakan keris yang diminta khusus oleh Sunan Kalijaga.

Keris Kanjeng Kyai Ageng Kopek

Salah satu keris yang terkenal di kalangan keraton Yogyakarta. Dimana tidak sembarang orang bisa memiliki keris satu ini. Karena Keris Kanjeng Kyai Ageng Kopek hanya boleh dimiliki oleh siapa saja yang sedang memimpin di Keraton. Jadi bagi kalian rakyat biasa, sangat tidak dianjurkan untuk mempunyai keris satu ini. 

Keris Kanjeng Kyai Joko Piturun

Keris satu ini dipercaya hanya diperuntukkan untuk anak para sultan pada masa itu. Selain itu Keris Kanjeng Kyai Joko Piturun juga mendapatkan urutan nomor dua untuk di lingkungan Keraton Yogyakarta. Ada beberapa sumber yang berkata bahwa Sunan Kalijaga juga pernah memiliki keris satu ini. 

Tombak Kanjeng Kyai Biru Klinting

Tombak satu ini merupakan titisan dari Naga Biru Klinting. Benda pusaka satu ini memiliki banyak cerita legendaris yang membuat pusaka ini menjadi sangat berharga. Bagi kalian yang memiliki pusaka ini dan dapat menggunakan Tombak Kanjeng Kyai Biru Klinting dengan baik maka dipercaya dapat menumpas pemberontakan. 

Tombak Kanjeng Kyai Pleret

Memiliki cerita legendaris yang dianggap di luar nalar jika mengacu pada keadaan masa kini. Namun seperti yang kita ketahui zaman dahulu masih banyak sekali hal-hal mistis yang bisa terjadi. Salah satu kisah yang banyak dipercayai adalah bahwa ujung dari Tombak Kanjeng Kyai Pleret berasal dari sperma Syeh Maulana Maghribi yang mengeras.

Tongkat Kalimasada

Tongkat satu ini bisa dibilang memiliki kekuatan magis yang luar biasa. Dimana konon katanya dahulu kala Sunan Kalijaga yang kerap melakukan pengembaraan menggunakan Tongkat Kalimasada untuk memunculkan mata air dan membuat percikan api hanya dengan memukulkan Tongkat Kalimasada di permukaan bumi. 

Ontokusumo

Mungkin masih asing mendengar nama benda pusaka satu ini. Sebenarnya benda pusaka satu ini tidak berbentuk keris atau tombak seperti yang diatas. Pusaka jenis ini berbentuk rompi yang memiliki spiritual tinggi. Ontokusumo sendiri merupakan kain rompi yang dimiliki oleh Nabi Muhammad yang kemudian diberikan kepada Sunan Kalijaga di masa itu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *