RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

5 Spot di Gunung Semeru Yang Angker

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi yang ada di Pulau Jawa. Gunung yang terletak di Jawa Timur ini memiliki puncaknya yang bernama Mahameru dengan ketinggian 3.676 diatas permukaan laut (mdpl). Gunung Semeru memiliki keindahan yang luar biasa, hal tersebut yang menjadi daya tarik bagi para pendaki. Sebenarnya Gunung Semeru merupakan gunung yang masih aktif. Sehingga jika kalian ingin mendaki gunung ini, kalian harus mengetahui status Gunung Semeru aman atau tidak. Ketika kalian mendaki Gunung Semeru sangat tidak disarankan ke Kawah Jonggring Saloko, karena di kawah ini terdapat gas beracun yang dikenal dengan Wedhus Gembel.

Jika kita berbicara tentang gunung, bukan hanya keindahannya yang terkenal namun cerita mistis juga menyelimutinya. Gunung Semeru termasuk salah satu gunung yang memiliki banyak cerita mistisnya. 

1. Kawasan Arcopodo

Kawasan Arcopodo banyak digunakan oleh para pendaki sebagai tempat peristirahatan, karena memang lokasi yang datar dan luas sangat cocok untuk membangun tenda. Namun di tempat ini memiliki cerita mistis guys, dimana disini terdapat dua buah patung prajurit peninggalan Majapahit. Yang membuatnya aneh adalah patung ini tidak dapat dilihat oleh semua orang alias patung ini tak kasat mata. 

Menurut beberapa pendaki yang pernah melihat patung ini, selalu dalam ukuran yang berbeda-beda. Jadi tidak selalu sama ketika melihatnya. 

Nama Arcopodo sendiri diambil dari dua arca atau dua prajurit, dimana nama tersebut sesuai dengan patung yang ada. Apa kalian pernah melihat patung ini?.

2. Kawasan Kelik

Salah satu tempat yang memiliki cerita mistis adalah Kelik. Dikawasan ini kalian akan menemukan batu dengan tulisan “In Memoriam” (Dalam Kenangan). Batu ini sebagai pertanda bahwa di tempat tersebut pernah ada orang yang meninggal dunia. Salah satu batu “In Memoriam” yang paling terkenal adalah milik Soe Hok Gie. Banyak yang pendaki yang bercerita bahwa di kawasan ini sering terjadi kerasukan makhluk halus. 

3. Danau Ranu Kumbolo

Danau Ranu Kumbolo merupakan salah satu spot paling diincar oleh para pendaki. Hal ini dikarenakan keindahannya yang luar biasa, terdapat sebuah danau yang lumayan besar dengan dikelilingi oleh gunung. Dibalik keindahannya ternyata disini sering terlihat wanita yang mengenakan kebaya kuning. Dimana yah tidak mungkin ada yang mengenakan kebaya ketika sedang mendaki. 

Menurut warga sekitar wanita dengan kebaya kuning ini adalah seorang dewi. Dimana kedatangan sosok ini akan ditandai dengan munculnya asap. Selain itu dipercaya wanita berkebaya ini akan lebih sering terlihat ketika sedang purnama.

4. Ikan Mas Di Danau Ranu Kumbolo

Salah satu cerita yang populer adalah larangan bagi para pendaki untuk memancing ikan yang ada di Danau Ranu Kumbolo, khususnya ikan mas. Hal ini dikarenakan kepercayaan dari warga sekitar dimana ikan mas tersebut merupakan jelmaan dari seorang dewi. Dewi ini adalah sosok penjaga yang menjaga danau tersebut. Walaupun demikian sampai sekarang masih banyak juga loh pendaki yang memancing disana. Jadi cerita ini masih sekedar mitos.

5. Kalimati

Memiliki kawasan yang luar biasa luas yaitu 20 hektar, Kalimati memiliki ceritanya horor sendiri. DImana ada cerita seorang pendaki yang pingsan akibat kedinginan, namun tiba-tiba terbangun sendiri. Konon menurut penuturannya ia dibangunkan oleh sosok gaib yang memeluknya hingga tersadar. 

Jika kalian sedang melakukan pendakian memang banyak hal yang harus dilakukan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ada beberapa tips agar perjalanan pendakian kalian lancar;

1. Cari tahu tentang medan yang akan kalian lewati, selain itu cari tahu tentang pantangan yang ada di gunung yang kalian tuju.

2.Tidak bertingkah kurang ajar, selalu kedepankan rasa sopan dan hormat walaupun kalian tidak dapat melihat ‘Mereka” setidaknya sikap sopan kalian akan menjauhi kalian dari hal-hal aneh. 

3.Tidak mengutarakan apa yang kalian lihat. Ini adalah salah satu hal yang mungkin sulit untuk dilakukan. JIka kalian melihat sosok yang sekiranya tidak terlihat seperti manusia, lebih baik untuk tidak langsung menceritakannya. Cukup tahu saja dan tidak menggubrisnya, biasanya “Mereka” akan semakin agresif ketika mengetahui bahwa kalian menyadari kehadirannya.

4.Selalu mendaki berkelompok, hal ini untuk menghindari kalian dari tersesat. Karena banyak sekali cerita dari para pendaki bahwa mereka disesatkan akibat berjalan sendiri dan tidak mau menunggu teman-teman yang lain.

5.Simple tapi wajib banget dilakukan adalah berdoa. Berdoa disini bisa menjadi perisai kalian agar terhindar dari gangguan-gangguan “Mereka” yang penasaran dengan kehadiran kalian.

Setiap pendakian memang akan ada ceritanya sendiri, ikuti peraturan dan utamakan solidaritas sesama pendaki supaya hal-hal mistis tidak terjadi disaat pendakian kalian. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *