RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

5 Tempat Terseram di Depok

Depok merupakan salah satu kota besar yang ada di  Jawa Barat. Walaupun merupakan kota besar, Depok juga tak luput dari hal-hal mistis yang bikin bulu kuduk merinding ketika kita mendatanginya. Berikut 5 tempat yang bisa kalian sambangi. Yuk kita bahas satu per satu.

1. Rumah Hantu Cimanggis

Warga Depok pasti sudah tidak asing dengan tempat satu ini. Yah, ini adalah Rumah Hantu Cimanggis yang terletak di Kompleks RRI, Depok, Jawa Barat. Rumah Hantu Cimanggais ini merupakan rumah tua peninggalan Belanda. Kondisi rumah ini sangat terbangkalai, sehingga membuat suasana yang sangat angker.

Pada awalnya dimiliki oleh Yohana van der Parra, istri Gubernur Jenderal Hindia Belanda ke-29 Albertus van der Parra, lalu berpindah tangan ke sejumlah orang Eropa hingga akhirnya menjadi bagian dari tanah milik Radio Republik Indonesia (RRI). Namun akhirnya pada tahun 2000-an bangunan ini sudah tidak ditempati. Hal ini menyebabkan banyak hal mistos yang terjadi. 

Salah satu cerita yang terkenal adalah dimana sekelompok pelajar SMK sedang melakukan sesi foto untuk perpisahan. Pihak guru sudah menginfokan bahwa mereka tidak boleh berada disana sampai sore, namun para pelajar tidak mendengarkan. Ketika mereka bersiap untuk pulang, seorang pelajar tiba-tiba pingsan. Dan ternyata dia kemasukan. Menurut seorang nenek, dia kerasukan noni Belanda penunggu tempat itu. Saat ditanya oleh sang nenek, “kenapa kamu masuk ke dia?” Sang pelajar yang dirasuki pun menjawab “gakpapa mau ajah masukin dia”.

Selain banyak orang yang mengambil batu atau tanah di Rumah Cimanggis, untuk menyempurnakan ilmu atau sekadar dijadikan jimat semata.

2. Rumah Angker Cilodong

Rumah satu ini baru-baru ini menjadi terkenal, karena warga menemukan seorang pria yang tinggal disana selama satu minggu. Hal ini terungkap karena warga mendengar teriakan suara wanita pada malam hari, karena ini warga meminta bantuan kepada pihak berwajib. Ketika disambangi ternyata warga tak hanya kaget karena ada pria yang tinggal ditempat angker tersebut, tapi barang-barang yang ditemukan pun tak kalah mengagetkan. Dimana warga dan polisi menemukan banyak barang-barang aneh, dimana ada kain kafan yang diikat di engsel pintu. Dibagian ruang keluarga juga ditemukan sejumlah sesajen.Sesajen tersebut dibungkus dengan pakaian anak-anak berwarna merah, dan diletakkan di atas lantai. Saat ditanyai untuk apa barang-barang tersebut, dia menjawab bahwa dia sedang mengadakan ritual untuk mencari pacarnya yang sudah meninggal 8 tahun yang lalu. 

Jauh sebelum kejadian ini, Rumah Cilodong memang dikenal warga sekitar merupakan rumah yang dipakai untuk melakukan ritual-ritual, hal ini lah yang membuat rumah menjadi terlihat mistis dan suasana angker yang mencekam.

3. Stasiun Kereta Universitas Indonesia

Keangkeran dari stasiun kereta Universitas Indonesia sudah menjadi urband legend. Cerita tentang kereta hantu ini sudah ada semenjak tahun 1990-an.  Salah satu cerita yang paling terkenal adalah seorang mahasiswa di UI pulang dari kampus menggunakan kereta, keanehan mulai terjadi ketika dia menyadari bahwa kereta ini tidak berhenti disetiap stasiun. Ketika dia ingin turun di stasiun Tebet barulah kereta ini berhenti, ketika dia menoleh kebelakang dia baru menyadari bahwa dia satu-satunya penumpang disana. Dia tersadar bahwa ternyata dia sudah menaiki kereta hantu UI ketika seorang penjaga stasiun bertanya kepadanya mengapa dia berjalan di rel. Kebingungan dia pun baru menyadari bahwa dari tadi ternyata dia berjalan kaki. 

4. Jembatan Panus Depok

Jembatan satu ini juga merupaka sisa peninggalan dari Belanda. Banyak warga yang merasa aneh, sebuah jembatan dengan umur lebih dari 100 tahun ini masih berdiri kokoh tanpa renovasi. Suasana angker yang ada di jembatan ini, diakibatkan karena pernah terjadi pembuangan mayat dan pesugihan. Karena hal ini masyarakat yang lewat dan menggunakan jembatan, biasanya membunyikan klakson sebagai tanda permisi. 

Warga juga sering meilihat sosok penampakan hantu bernama Stevanus dan istrinya. berjalan melewati Jembatan Panus. Sekarang jembatan ini sudah menjadi cagar alam.

5. Studio Alam TVRI

Dilokasi ini terdapat sebuah urband legend yang menjadi pembicaran dari mulut ke mulut yaitu Sinden Mami. Studio Alam TVRI memiliki suasana yang sangat asri dan rindang, luasnya mencapai 29 hekter. Dibalik keasrian tempat tersebut, sosok Sinden Mami ini dikenal suka mengganggu para kru film yang sedang syuting. Bahkan banyak sekali kesaksian bahwa para kru dan artis sering kerasukan dari Sinden Mami. Namun untuk asal usul Sinden Mami sendiri tidak ada penjelasan tentang masa hidupnya. Walaupun terkenal angker, namun warga Depok juga pergi ketempat itu hanya sekedar untuk menghirup udara segar. 

Tempat-tempat diatas sangat cocok untuk kalian yang suka menguji nyali, namun harus diindat yah sebelum berkunjung kesuatu tempat Anda harus ijin terlebih dahulu. Tidak boleh seenaknya dan harus bersikap sopan. Hal seperti ini untuk mengurangi hal-hal tidak diinginkan terjadi. So selamat menikmati sensasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *