RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

5 Tempat Terseram di Semarang

Semarang kota yang terkenal dengan Lumpianya ini juga tak luput dengan wisata mistisnya yang sangat terkenal. Mari kita bahas, dimana-mana saja tempat mistis yang bisa kalian sambangi. 

1. Lawang Sewu

Lawang Sewu sudah menjadi ikon bagi Kota Semarang. Memiliki arsitektur yang sangat indah, Lawang Sewu sering dijadikan tempat foto-foto bagi muda mudi yang ingin membuat feed instagram menjadi estetik. Namun selain menikmati keindahannya, banyak juga wisatawan yang datang ke Lawang Sewu untuk melakukan uji nyali.

Keangkeran dari Lawang Sewu sudah terkenal bahkan di seluruh Indonesia. Dulu menurut mitos  pada jaman penjajahan Jepang, ada seorang noni Belanda yang diperkosa oleh serdadu Jepang. Setelah itu serdadu Jepang membunuh wanita tersebut di Lawang Sewu dan meninggalkannya begitu saja. Hal ini yang dipercaya membuat kisah misteri yang ada di Lawang Sewu.

Menurut pengakuan seseorang, ketika dia sedang memancing di sekitar sungai Lawang Sewu. Iya melihat sosok noni Belanda, mondar-mandir dengan menampilkan wajah pucatnya yang cantik bersimbah darah dan tersenyum. Selain itu juga ada penunggu serdadu Belanda di pintu paling Utara dan Timur. Tidak hanya sampai disitu, di Lawang Sewu juga suka terdengar teriakan kesakitan, tangisan dan ketakutan dari tentara Belanda. Teriakan ini biasa terdengar di sumur tua beratap merah.

2. Marabunta

Memiliki bangunan dengan ciri khas 2 semut besar di atap, Marabunta ternyata juga menyimpan cerita mistis. Bangunan ini dulunya adalah tempat pertunjukan untuk penari balet. Ada seorang wanita bernama Margaretha Geertuida (Grietje) Zelle atau bernama panggung Putri matahari. Dia berparas cantik dan sangat populer, namun ia dihukum mati pada tanggal 15 Oktober 1917. 

Banyak warga yang percaya karena hal itulah mulai ada cerita mistis yang muncul. Dimana sekitar bangunan tersebut sering melihat penampakan noni Belanda yang sedang menari-nari di dalam bangunan seperti sedang mementaskan sebuah opera ataupun drama. Kebenarannya masih dipertanyakan, apakah kalian ada keinginan untuk membuktikannya?

3. Benteng Pendem

Menurut pemandu Dendy Sutrisno Benteng, konon katanya benteng ini dibangun karena kerja rodi. selain itu para wanita juga menjadi budak sex di barak tentara dalam benteng itu. Karena tidak kuat dengan perlakuan para tentara, banyak dari wanita tersebut yang bunuh diri. Cerita pilu tersebut membuat tempat ini menjadi angker. Menurut pengakuan pak Dendy, disini sering terdengar tangisan wanita. 

Dari keterangan Dendy ada 14 kamar yang berfungsi sebagai barak di benteng tersebut. Di antaranya, terdapat satu barak yang dipakai sebagai tempat pelampiasan nafsu tentara Belanda. Kamar itu disebut sebagai yang paling angker. Selain itu bagi para pekerja rodi yang sudah tidak aktif akan dibunuh, untuk menutupi jejak supaya tidak bisa menceritakan bahwa mereka ada di benteng tersebut.

4. Hotel Siranda

Dari kejauhan kalian sudah akan melihat bangunan hotel yang terbengkalai. Padahal pada tahun 1980an hotel ini sempat ngetop loh. Namun terjadi kasus pembunuhan di salah satu kamar. Hal ini membuat pengunjung makin berkurang setiap harinya, padahal lokasi hotel ini bisa dibilang sangat strategis. Konon katanya, banyak yang melihat banyak dedemit disini seperti genderuwo, pocong, kuntilanak dll nya.

5. Rawa Pening

Rawa dengan pemandangan yang indah ini ternyata punya cerita mistis yang terkenal yaitu Baru Klinting. Baru Glinting merupakan urban legend yang dipercaya merupakan anak seorang Endang Sawitri. Namun Endang yang sedang hamil bukan melahirkan anak manusia, melainkan seekor naga. Singkat cerita, warga yang sedang mencari hewan untuk dipotong. Setelah dicari-cari namun tidak menemukan hewan, dan tanpa disengaja warga menemukan seekor naga. Naga tersebut dibawa ke desa dan kemudian dipotong, lalu dimakan bersama.

Ketika warga sedang makan, datanglah seorang anak kecil yang buruk rupa dia adalah jelmaan dari Baru Glinting. Anak tersebut meminta makan namun tidak ada yang memberikannya, hanya seorang nenek yang memberinya makan. Setelah itu anak kecil tersebut berpesan agar sang nenek sebaiknya naik ke atas lempung agar selamat. Karena kesal kepada warga sang anak menancapkan sebatang lidi, dan menantang warga desa untuk mencabutnya. Tidak ada yang berhasil, namun ketika berhasil air muncul dan menenggelamkan desa kecuali sang nenek.

Ada beberapa kabar yang mengatakan bahwa ada kejadian tenggelam disini namun kebanyakan pendatang yang tenggelam disini.  

Semarang memiliki banyak keindahan yang bisa kalian explore termasuk ke 5 tempat di atas. Namun perlu diingat, tempat-tempat diatas merupakan tempat yang angker. Kalian harus berhati-hati dan jauh lebih baik untuk ditemani oleh orang yang sudah paham benar dengan tempat-tempat di atas untuk menghindari hal-hal buruk terjadi. Jika kalian mempunyai pengalaman jangan lupa untuk ceritakan kepada kami di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *