RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

5 Tempat Terseram di Surabaya

Surabaya atau Kota Pahlawan ini ternyata memiliki banyak tempat misterius yang bisa banget kalian sambangi loh. Kalian akan dibawa untuk merasakan bagaimana perasaan deg-degan bukan karena ingin bertemu dengan sang pacar, namun bertemu dengan makhluk halus itu juga jika kalian beruntung. Karena wisata mistis ini semakin diminati oleh masyarakat Indonesia, banyak juga content creator yang mengkhususkan diri untuk membuat video-video tentang pengalaman supranatural. Dari pada berlama-lama, mari kita bahas tentang 5 tempat terseram yang ada di Surabaya.

1. Penjara Kalisosok

Penjara Kalisosok dibangun oleh Pemerintah Belanda pada 1 September 1808, terletak di kawasan Surabaya Utara, tepatnya di Jalan Kasuari Nomor 5 Krembangan. penjara ini merupakan salah satu penjara yang paling ditakuti, karena tempatnya yang sempit, gelap dan pengap. Tempat yang harusnya berkapasitas 20 orang ini, terkadang terisi hingga 90 orang. Penjara bawah tanah ini dikenal sangat mengerikan, karena suka terjadi penyiksaan. 

Namun sekarang Penjara Kalisosok ini tidak jelas siapa pemiliknya sehingga tidak terurus. Sehingga menambah kesan angker.

2. Rumah Sakit Darmo

Menurut ceritanya Rumah Sakit Darmo dbangun pada tahun 1898. Rumah Sakit Darmo termasuk salah satu rumah sakit tertua yang ada di Surabaya. Rumah sakit ini merupakan saksi bisu, disaat masyarakat Surabaya berjuang melawan sekutu. Menurut kabar yang tersebar banyak penampakan terjadi di rumah sakit ini. Dimana kerap terjadi penampakan suster dengan kaki yang melayang dan beberapa penampakan hantu wanita di balik jendela kamar pasien. 

3. Makam Belanda Kampung Peneleh

Pemakaman pemakaman modern tertua di Indonesia bisa dijumpai di Kota Surabaya. Pemakaman yang disebut De Begraafplaats Soerabaia atau yang juga dikenal sebagai Makam Belanda Peneleh memiliki sejumlah keunikan. Pemakaman Peneleh merupakan kompleks pemakaman era kolonial Belanda.

Salah satu paranormal Roy Kiyoshi yang berkunjung kesini, mengatakan bahwa arwah-arwah tersebut masih berada di makan ini. Arwah-arwah tersebut menjadi penunggu di pemakaman. Selain merasakan arwah-arwah, Roy juga melihat seorang wanita dengan rambut yang tidak rapi.

Selain itu Roy juga merasakan energi yang sangat kuat dan membuat nya segera mengakhiri perjalanannya di Makam Belanda Kampung Peneleh.

4. Rumah Hantu Darmo

Rumah dengan 2 lantai dan berpilar tinggi ini ternyata juga adalah salah satu rumah yang memiliki cerita angker. Dari penampilan nya kita juga akan langsung tahu bahwa rumah ini sudah tak berpenghuni dan terurus dalam waktu yang lama. Awalnya rumah ini dimiliki oleh keluarga yang dipercaya melakukan pesugihan. Karena sudah merasa memiliki harta yang berlebih, akhirnya keluarga tersebut memutuskan untuk mengganti tumbal manusia menjadi tumbal hewan. Namun ternyata keputusan tersebut membawa malapetaka bagi keluarga tersebut. Dimana mereka pergi menggunakan kapal, kapal tersebut tenggelam dan hilang sampai sekarang. Sedangkan kedua pembantu yang masih berada di rumah juga meninggal (tidak ada penjelasan jelas, alasan dua pembantu tersebut meninggal). Belum cukup sampai disitu. Pada tahun 1970an rumah ini ludes di lalap si jago merah, dan hanya meninggalkan puing-puing. Hal-hal ini yang mengakibatkan semakin banyak nya cerita mistis yang berkembang di rumah tersebut. 

Ada sebuat cerita lain dimana rumah ini sempat disewa oleh orang lain, namun naas seluruh anggota keluarga dibunuh oleh perampok. Masyarakat pun percaya rumah ini memiliki kutukan bagi pemiliknya. 

5. Pintu Air Jagir Wonokromo

Menurut kepercayaan warga sekitar dibalik keindahan dari pintu air ini, terdapat penunggu seekor buaya putih. Ada Seorang mekanik yang suka membenarkan lampu (Bapak Suparno) bercerita, bahwa disini lampu sering sekali rusak. Sehingga dia datang dan mengganti lampu yang rusak dan disaat itu dia melihat sosok menyerupai orang berbadan tinggi dan besar yang menggantung di pegangan rantai yang ada di pintu air. Bapak Suparno sendiri pernah menyaksikan seseorang menggunakan motor datang, orang tersebut memarkirkan motornya, melangkah menuju sungai, dan kemudian melompat ke sungai. Posisinya orang tersebut masih menggunakan helm. 

Banyak yang menganggap melihat hantu adalah sebuah kesialan terbesar, namun ada juga yang malah senang ketika mereka bisa menyaksikan langsung penampakan tersebut. Inget yah guys jangan sombong maupun songong ketika mengunjungi tempat-tempat seperti ini. Karena takutnya kalian dicelakai, gak lucukan kalau kalian pulang dalam kondisi gak baik-baik saja. 


Selamat mencoba, jika kalian memiliki pengalaman mistis bisa ceritakan di comment yah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *