RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

5 Tempat Terseram di Yogyakarta

Yogyakarta menjadi salah satu destinasi liburan favorit untuk warga Indonesia. Terkenal dengan Malioboro, banyak wisatawan yang datang untuk menikmati suasana Yogyakarta yang kental sambil berjalan kaki. Tidak hanya itu, Yogyakarta juga memiliki tempat yang memiliki cerita mistis yang sangat angker. Kalian masih bisa mengunjunginya hingga sekarang. Berikut daftar 5 tempat terseram yang ada di Yogyakarta.

1. Kandang Menjangan

Kandang Menjangan memiliki bentuk kubus dan merupakan situs bersejarah. Namun bangunan ini sangat angker dan beberapa warga juga menceritakan pengalaman mistis mereka ketika melewati bangunan ini. 

Seorang pengendara pernah berkata bahwa iya pernah berputar sebanyak 3 kali disana. “Saya sadar saya berputar kok mau lihat jalan ke arah utara nggak kelihatan. Terus saya berhenti, jalan lagi akhirnya nembus sampai jalan ke utara,” ujarnya.

Seorang mahasiswa bernama Ical, saat itu dia sedang pulang dari kampus pada malam hari dan melewati Kandang Menjangan. Ketika Ical dan temannya melewati Kandang Menjangan, suasana jalan sangat sepi tidak ada pengendara sama sekali. Ical dan temannya dibuat kaget, ketika lampu motor tidak sengaja menyorot Kandang Menjangan dicela-cela jendela dia tidak sengaja melihat sosok bayangan putih.

Ada juga cerita seorang anak TK yang selalu melambaikan tangannya ke arah Kandang Wejangan, saat ditanyai mengapa dia melambaikan tangan, anak TK itu berkata bahwa dia sedang melambaikan tangan kepada seorang kakek-kakek.

2. Puncak Becici

Puncak Becici memiliki pemandangan yang sangat indah dan memiliki banyak spot-spot cantik untuk kalian yang ingin berfoto ria. Ada cerita mistis dimana di Puncak Becici terdapat sebuah ayunan. Jika seseorang menaiki ayunan tersebut tanpa permisi, maka yang menaiki ayunan tersebut akan merasakan dorongan dari belakang yang sangat kuat. Menurut cerita yang beredar ada hantu anak kecil yang merasa terganggu apabila ada manusia yang menaiki ayunan tersebut tanpa permisi.

Selain itu, ada juga cerita dari wisatawan yang bermalam dengan membuka tenda di kawasan ini. Mereka meninggalkan tenda dalam keadaan kosong, tetapi setelah kembali terdengar suara gaduh di dalam tenda. Setelah dilihat ke dalam, ada sosok pocong di dalam tenda yang juga membalas tatapan mereka.

3. Gua Jepang

Gua Jepang tempat bersejarah ini dulu digunakan untuk tepat penyiksaan pada masa penjajahan jepang. Tempat tersebut dipercaya ditempat oleh banyak makhluk gaib karena masa lalu yang kelam. Ada pengunjung yang pernah melihat penampakan pocong di tempat tersebut. Selain itu para wisatawan suka dibuat tersesat, sehingga ketika goa tersebut sudah ditutup para wisatawan terjebak didalam Goa Jepang. Menurut warga sekitar, hal ini terjadi karena mereka sudah disesatkan oleh makhluk tak kasat mata. Sehingga para wisatawan dibawa berputar-putar.

4. Benteng Vredeburg

Bangunan peninggalan Belanda memang memiliki arsitektur yang sangat bagus dan bisa menjadi tempat untuk wisata. Walaupun benteng ini berada di tengah kota, namun banyak cerita mistis yang mengelilinya.

Pada Malam hari seorang tukang becak yang sedang mengayuh becaknya, melihat seorang wanita cantik dengan gaun panjang dari arah gerbang benteng. Karena kasihan, tukang becak itu pun menawari wanita tersebut untuk menaiki becaknya karena kasihan berjalan di tengah malam. Namun ketika rok nya terangkat, terlihat jelas kaki wanita itu adalah kaki kuda. 

Selain itu kadang-kadang di sekitar Benteng Vredeburg muncul suara aneh seperti derap kaki serdadu yang berseragam kompeni zaman dahulu. Tidak sampai disitu pasukan itu muncul tanpa kepala, dan anehnya yang melihat penampakan dan mendengarkan hal-hal yang tidak masuk akal itu hanya dirinya sendiri!

5. Rumah Pocong Sumi

Kisah horor di rumah ini sudah sangat terkenal, karena memang suka dijadikan tempat untuk uji nyali. Sesuai namanya, rumah ini dihuni makhluk tak kasat mata Pocong Sumi. Sebenarnya bukan hanya Pocong Sumi tapi ada pula, kuntilanak, genderuwo, ular dengan mustika di kepalanya, serta noni Belanda. Namun, yang cukup terkenal dan menguasai rumah adalah pocong Sumi.

Ada cerita yang dibagikan oleh sekelompok pemuda yang menguji nyali disini. Ketika diluar bangunan terasa angin masih berhembus, namun disaat mereka masuk ke dalam bangunan hawa terasa pengap. Mereka melihat-lihat hingga sampai ke salah satu ruangan yang dipercaya bahwa itulah tempat pocong Sumi. mereka memberanikan diri untuk mendekati kamar tersebut dan mereka diberikan penampakan dari penunggu rumah. Mereka pun berlari keluar rumah dan tak berani menoleh ke belakang. 

Cerita mistis seperti ini pasti akan ada di setiap daerah. Banyak sebenarnya tempat yang bisa kalian explore, namun bagi kalian yang hanya berniat iseng jauh lebih baik untuk tidak mencoba. Karena dikhawatirkan akan membawa petaka bagi kalian sendiri. 

Jika kalian ada pengalaman mistis jangan lupa untuk menceritakan kisah kalian. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *