RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

A Quiet Place 2018

“A Quiet Place” karya John Krasinski sangat menegangkan. Ini adalah film yang dirancang untuk membuat Anda menjadi peserta aktif dalam permainan ketegangan, bukan hanya pengamat pasif dalam horor yang sedang berlangsung. Sebagian besar film horor yang hebat begitu karena kita secara aktif berinvestasi dalam nasib karakter dan terlibat dalam latihan sinematik yang dimainkan di depan kita. Ini adalah perjalanan yang menegangkan—jenis film yang mempercepat detak jantung dan bermain dengan ekspektasi penonton, tanpa pernah memperlakukan mereka seperti orang idiot. Dengan kata lain, ini adalah film horor yang sangat bagus.

Naskahnya ditulis bersama oleh Bryan Woods dan Scott Beck, Krasinski tidak membuang waktu. Kita melihat sebuah keluarga—Krasinski berperan sebagai ayah yang tidak disebutkan namanya, istri aslinya Emily Blunt berperan sebagai ibu, dan Noah Jupe (“Suburbicon”), Millicent Simmonds (“Wonderstruck”), dan Cade Woodward memainkan ketiga anak mereka. Yang tertua, gadis itu tuli (seperti aktris muda luar biasa yang memerankannya). Kartu judul mengatakan ini “Hari 89,” dan kami dapat mengatakan bahwa kami berada di dunia pasca-apokaliptik baru-baru ini. Keluarga itu sangat lambat—dengan berjinjit—bergerak di sekitar toko di kota kecil, mengambil beberapa persediaan yang tersisa dan beberapa obat resep untuk anak laki-laki yang lebih tua, yang sepertinya terkena flu. Mereka berkomunikasi dalam bahasa isyarat dan sangat berhati-hati untuk tidak membuat suara, tetapi anak laki-laki bungsu menggambar sebuah roket di lantai—hal yang dia tanda tangani akan membawa mereka semua pergi.

Kita dengan cepat menyadari bahwa suara di dunia ini berbahaya. Dan bahaya semakin meningkat dalam urutan berikut ketika anak bungsu menemukan mainan yang membuat kebisingan dan … segalanya tidak berakhir dengan baik. Sebagian besar “Tempat yang Tenang” terjadi lebih dari setahun kemudian, karena keluarga terus berduka dan ibu hamil sekitar 38 minggu. Mempersiapkan kedatangan bayi yang baru lahir di dunia tanpa kebisingan itu sulit, dan sang ayah terus meneliti artikel surat kabar dan penelitian, mencari cara untuk menghentikan makhluk yang membunuh dengan suara sekecil apa pun.

Musuh yang lebih besar dari kehidupan yang dapat mendeteksi mangsanya secara aura telah menjadi bagian dari sinema hebat selama bertahun-tahun, dari xenomorph yang memburu kru Nostromo di “Alien” hingga dinosaurus di “Jurassic Park,” dan Krasinski tahu garis keturunan itu. Dia sangat pintar tentang cara dia membawa penonton ke dalam permainan pendengaran ini. Dia secara teratur—tetapi tidak terlalu teratur—mengatur apa yang bisa disebut ‘harapan pendengaran’. Dia akan menunjukkan kepada kita senapan atau paku yang terbuka di lantai atau pengatur waktu dalam keheningan—dan kita tahu betul suara apa yang mungkin dihasilkannya. Jangan khawatir—Krasinski tidak memainkannya secara berlebihan. Tidak ada kamar lonceng angin atau pecahan kaca. Ini adalah alat bercerita yang sangat halus dan cerdas untuk membangun ketegangan ketika seorang sutradara dan rekan penulis skenarionya tidak diizinkan menggunakan dialog untuk melakukannya, dan itu menarik kita ke dunia ini dengan cara yang tidak terduga dan sangat menyenangkan.

Ini juga membantu Krasinski menampilkan rasa komposisi dan cerita ekonomi yang belum pernah dia lakukan sebelumnya di film lain. “A Quiet Place” adalah film tanpa basa-basi dan ramping—jenis terbaik dalam hal thriller. Rasanya seperti setiap pengambilan gambar telah dipertimbangkan dengan sangat hati-hati karena film ini berdetak seperti jam di atas bom, dengan sempurna menyeimbangkan ketakutan dengan adegan yang mengatur taruhan emosional dan dunia karakter ini. Film ini memiliki rasa geografi yang indah, hampir semuanya terjadi di sebuah peternakan yang Krasinski dan tim teknisnya tata sedemikian rupa sehingga membuat kita merasa seperti kita mengetahuinya. Ini bukan salah satu film yang salah mengartikan kamera yang goyah sebagai cerita horor. Ini memiliki bahasa visual yang halus yang bermain dengan indah dengan perspektif dan sifat menakutkan dari dunia di mana kita tidak dapat berteriak untuk memperingatkan / menemukan orang atau, dalam kasus putri tuli, mendengar apa yang akan terjadi.

Pada catatan itu, ada juga — tanpa merusak apa pun — pesan yang kuat dan memungkinkan di inti “Tempat yang Tenang.” Ini adalah film yang lebih tentang pemberdayaan daripada perlindungan, dan pengait emosional itulah yang benar-benar mengangkat babak terakhir. Ini sangat membantu bahwa Krasinski benar-benar menempel pada pendaratan. Ini memiliki salah satu tembakan terakhir terbaik dalam horor selama bertahun-tahun — dan, tentu saja, itu datang dengan isyarat pendengaran yang akrab yang membuat penonton di sini di SXSW bersorak.

Dengan hampir tidak ada dialog, “A Quiet Place” sangat bergantung pada visual storytelling, tapi saya akui bahwa itu juga menggunakan kruk senar komposer Marco Beltrami untuk ketakutan melompat terlalu banyak. Ini benar-benar dugaan, tetapi orang hampir bisa merasakan kepala Platinum Dunes Michael Bay bersikeras pada perangkat itu, dan saya ingin melihat versi “Tempat yang Tenang” yang bahkan lebih jarang dalam hal pilihan langsung seperti ketakutan suara dan skor yang terlalu panas.

Kita hidup di dunia yang bising sehingga sulit membayangkan suara konstan itu hilang. Kami menggunakan kebisingan untuk mengekspresikan diri—itu adalah bagian dari siapa kami sebagai manusia. Dan “A Quiet Place” mempersenjatai bagian dari kondisi manusia dengan cara yang berhutang pada film seperti “Alien” tetapi juga memetakan landasan barunya sendiri. Begitu banyak film horor hebat tentang orang-orang yang harus beradaptasi untuk bertahan hidup—mereka harus menantang rasa tidak aman atau prasangka mereka sendiri untuk bertahan sepanjang malam. Dalam pengertian itu, film horor yang hebat sering kali tentang pemberdayaan, menghilangkan apa yang mungkin dianggap lemah oleh sebagian orang. “Tempat yang Tenang” membuat gugup, tetapi melakukannya dengan cara yang terasa bermanfaat. Anda tidak hanya berjalan keluar setelah mengalami perjalanan yang mendebarkan, Anda berjalan di tempat yang tinggi, jenis ketinggian yang hanya berasal dari film horor terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *