RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

Anak – Tumbal Pesugihan

semua nama orang lain dan tempat akan disamarkan dalam cerita ini. based on true story. 

halo, namaku erika. ini nama asli aku dan ini juga cerita berdasarkan pengalaman ku sendiri. saking banyaknya hal hal horor dalam hidup ini akhirnya aku memutuskan buat pilih cerita ini untuk aku jadiin thread. maaf kalo berantakan 🙏🏻 

first of all ini tentang warung mie ayam yang jarak nya sekitar 2/3 km dari rumahku. warung ini tempat nya hampir mirip seperti di gambar, kaya ada jendela terus dalem nya meja makan sampe belakang yaitu rumah si penjual ini. penjual nya suami istri. 

mie ayam ini bisa dikatakan ‘favorit’ se kota ku karena memang seenak itu dan bahkan orang tua ku pun langganan makan disitu bahkan sampe sekarang. 

dimulai dari aku kelas 4 sd, waktu mamaku selesai jemput aku sekolah kita mampir dulu beli mie ayam. ini warung nya buka dari jam 11 siang sampe malem jam 11 an. 

kesan pertama aku waktu makan disitu jelas rasanya enak banget dan nggak ada yang aneh. ya seperti mie ayam pada umumnya. 

kedua kali aku makan disitu bareng mama papa ku, masih nggak ada apa apa. tapi disitu aku mulai heran kenapa warungnya rame? rame dalam artian bener bener rame banget. 

pikiran anak kelas 4 sd waktu itu ya paling apa sih? mungkin karena saking enaknya kali ya jadi aku nggak menghiraukan itu semua. 

ketiga kali makan dan seterusnya aku bilang sama mamaku “disini enak banget” dan mamaku pun juga setuju. Satu hal yang aku sadari ternyata selama aku selalu beli disitu, mbak yang jualan selalu senyum waktu nyiapin mangkok mangkok buat mie nya ini. 

ku pikir dia mungkin ya senyum senyum aja jadi aku nggak pernah gubris hal itu. sampe akhirnya mas ku ini bilang ke mama kalo mbak yang jual selalu senyum dan seolah olah dia ini nunggu sesuatu buat dimasukin kedalem mangkok sebelum mie nya dituang. 

kaya misal mau nuangin minyak atau kaldu gitu, dan si mbak nya ini kaya nunggu sesuatu dimasukin kedalem mie nya. lalu sesudah itu baru mbak nya selalu senyum seakan dia bilang “ah akhirnya”. 

dan singkat cerita satu tahun berlalu aku kelas 5 sd, dimana aku sore sore makan disitu sama temenku disitu. kita duduk di depan posisi nya ada satu meja lagi sebelum jendela itu. aku ngerasa mie ini rasanya beda, nggak tau apa yang beda tapi di lidahku ini beda. rasanya kaya air cucian piring dikasih saos sama kecap. abel pun gitu, dia muntah. katanya “mie opo iki kok rasane anyir ngene” (mie apa ini kok rasanya anyir gini). 

aku kaget, kita masih kecil disamping itu juga kita pergi berdua. aku bingung waktu itu dan langsung bayar kemudian kita pergi.

Sebelum itu, aku sempat dengar ada suara perempuan ketawa. sayup sayup suaranya tapi terdengar lumayan jelas. Kita pulang kerumah abel jalan kaki. dijalan abel cerita “mie ne di idoni setan rik, ndekne mau ngguyu perkoro aku muntah” (mie nya diludahin setan rik, dia tadi ketawa gara gara aku muntah).

Aku syok karena suara ketawa tadi ternyata benar adanya. kupikir cuma pendengaran ku. 

sekitar seminggu/dua minggu kemudian aku datang lagi sama mama papaku buat makan disitu. dan disitu lah hari dimana aku memutuskan buat nggak makan lagi di tempat itu. 

perempuan dengan jubah putih melewati kaki, dengan rambut panjang kebawah, duduk diatas gerobak mie ayam tersebut. mukanya pucat, aku merinding setengah mati. waktu dia menyadari aku bisa melihat nya, wajahnya berubah. seram. hancur. banyak darah. 

terlebih itu ada satu lagi disamping penjual suami istri itu. Anak kecil yang meludahi mangkok berisi minyak dan kaldu mie ayam sebelum mie nya dituang. sembari anak itu mengelus perut mbak nya yang lagi hamil besar. 

Waktu mie nya datang, aku nggak mau makan karena aku lihat itu sudah diludahi. aku inget lagi apa kata temenku beberapa saat lalu yang bilang kalau mie nya diludahi setan. 

alhasil mie punyaku dibungkus. sesampainya dirumah, mama ngebuka bungkusan itu dan kecium gimana asem nya bau mie ayam itu. kaya udah basi. padahal kita dari warung langsung pulang kerumah. 

aku menceritakan semua ini ke orang tua ku tapi mereka menolak percaya. terlebih mamaku ini tipe orang yang nggak akan percaya sebelum melihat. 2 tahun kemudian waktu aku kelas 1 smp aku les, tempat les itu melewati warung mie ayam itu. dan setiap lewat pun sama, selalu melihat perempuan dan anak kecil itu. Waktu smp aku mengikuti kegiatan pramuka dimana waktu itu lagi istirahat dan kami semua memutuskan untuk beli mie ayam. temenku ngajak beli di warung itu. aku diam cukup lama dan memilih lapar daripada harus makan mie ayam nya.

Satu hal menarik, perut ibu itu sudah datar lagi. Aku mikir, dimana anaknya? harusnya udah 2 tahun umur nya. karena waktu lahir, keluarga pakde ku kebetulan temen nya pasutri itu dan pakde dateng waktu acara pemberian nama. anaknya cowok, aku masih inget bener.  oke mungkin anaknya ada dirumah kali ya. tapi disitu aku melihat anak kecil yang meludahi mie tsb menggandeng seorang anak laki laki yang umurnya masih sangat dini, sekitar 2/3 tahunan. Anak laki laki nya nangis sambil teriak “ibu, ibu” aku sontak kaget dan mbak penjualnya ini enggan menoleh kearah kedua anak kecil tsb.

Oh iya, anak kecil yang meludahi itu perempuan umurnya sekitar 5/6 tahunan. 

malam harinya aku dirumah, aku kerumah pakde karena rumahnya dibelakang rumahku pas, kita masih satu halaman rumah.

“pakde tau nggak anaknya orang yang jualan mie ayam disana itu” aku bingung kenapa aku tanya begini karena nggak penting juga kupikir tapi kepo 🥲 

pakde ku jawab “loh itu kan anaknya meninggal, pas 40 hari meninggalnya.”

aku kaget lah, bukannya kemarin udah bikin acara itu ya trs sebelum kutanya begitu pakde ku udah lanjut bilang “itukan kemarin pemberian nama, tapi bayinya udah meninggal dan kita cuma dateng buat berdoa. 

aku bingung, emang bisa kaya gitu kah? aku lanjut tanya sama pakde ku dan dia jawab lagi “kemarin itu bayinya nggak tidur ternyata udah meninggal, pantesan kita semua disana bingung kok nggak nangis, kok tidurnya lelap banget” 

singkat cerita bertahun tahun berlalu dan semakin banyak juga rumor yang beredar soal warung itu karena nggak cuma aku yang sadar ternyata banyak juga orang lihat itu warung emang pake penglaris. orang orang selalu bilang dan bahkan pakde ku sama budeku juga bilang hal yang sama kalau selama 2 tahun ini penjual itu istrinya sudah hamil 3 kali tapi nggak pernah sampai melahirkan. 

kelas 9 smp aku makan disitu sama tanteku yang dari luar kota, aku nggak makan aku cuma nemenin dia. dia kaget dan langsung teriak karena dimeja kita ada tuyul lagi jongkok. aku berusaha tahan tahan supaya tanteku nggak ngerasa apapun tapi ternyata tante pun malah ngeliat sendiri.

disitu tanteku teriak ke penjual nya “lo kalo mau dagangan laris nggak gini caranya” sampe akhirnya tanteku melirik ke seluruh meja makan dan disitu setiap meja ditunggui 1 anak kecil. kemudian aku pun diajak pulang. tante cerita ke mama papaku soal ini semua dan aku juga bilang kalo semua itu benar adanya, karena kami yang lihat. boleh nggak percaya kalo semisal cuma tante atau aku aja yang sadar soal semua ini. 

sampe kemudian terdengar lagi berita kalau ibu itu hamil lagi. kali ini anaknya lahir, anaknya perempuan tapi terdapat keanehan di gigi anaknya. dan sampai sekarang ini pun begitu. 

bertaun taun kemudian akhirnya warung itu pindah 100 meter lebih jauh lagi dari tempat sebelumnya, lebih luas. banyak penduduk tempat aku tinggal dan semua orang bilang setiap makan disitu pasti ada suara tangisan anak kecil. aku dan 3 temanku waktu kesana terakhir kali pun sama. terakhir kali nya aku kesana emang beneran makan lagi setelah terakhir kelas 5 sd. rasanya tetep sama, aku nggak peduli lagi lah itu mau diludahin atau apapun. 

sorry to say tapi ibu penjual nya bener bener cantik, cantik banget sampe aura nya kerasa bahkan temen ku 2 lainnya yang nggak punya kelebihan buat lihat gituan pun sadar. 

like what i saw when i was in 5th grade. kaget sih cuma biarin lah paling juga perawatan. tapi buat sebuah perawatan pasti yang namanya tambah usia pun bakal keliatan tapi ini nggak sama sekali, bener kaya apa yang aku liat ditaun taun sebelumnya. 

ada orang pintar di desaku ini, istrinya temen mamaku dan u guys know kalo ibu ibu belanja pagi hari pasti gibah. 

“aku tau weruh wis peng 4 bojone iki angger wis meteng 6 sasi mesti bayine di wehno reng setan” (aku pernah lihat udah 4 kali istrinya ini setiap sudah hamil 6 bulan pasti bayinya di kasih ke setan” 

ibu ibu disitu percaya karena ya memang bertahun tahun nggak ada anak yang lahir kecuali anak perempuan itu selama si penjual ini hamil. jangan tanya aku tau dari mana, aku ikut mamaku belanja dan aku pun main hape sambil nguping 🙂 

“loh iyo toh bu tak kirone bojoku ndoboli aku pas crito kae, soale angger keguguran ki warunge soyo laris, soyo sugeh bu, aku ora iri cuma kok orak masuk akal wae toh padahal mie ayam iki asline rasane yo teko biasa wae” 

(loh iya tah bu kukira suamiku bohongin aku waktu cerita dulu, soalnya setiap keguguran ini warungnya makin laris, makin kaya bu, aku nggak iri cuma kok nggak masuk akal aja toh padahal mie ayam ini aslinya rasanya ya biasa aja).

aku sadar, emang bener gitu kok ya kaya rasa mie ayam pada umum nya aja cuma kalo dimakan di tempat nya enak pake banget. giliran pas dibawa pulang ya rasanya biasa aja atau bahkan pernah dan seringnya nggak enak. 

disitu budeku langsung dateng nimbrung bilang “wong pas bojoku mrono hawa omahe ki panas banget bu jarene, pengap, tapi njerone mewah banget. jare bojoku karo kancane juga ono mambu dupa tapi sing lanang ki malah sewot pas ditakoni omahe kok rodo aneh terus malah diusir.” 

(orang waktu suamiku kesana hawa rumahnya ini panas banget bu katanya, pengap, tapi dalemnya mewah banget. kata suamiku sama temennya juga ada bau dupa tapi yang laki laki ini malah sewot waktu ditanyai rumahnya kok rada aneh terus malah diusir) 

sesudah itu ibu ibu langsung pada ngumpul bikin kesepakatan buat dateng kerumah si tukang mie ayam itu. buat silahturahmi alasannya. aku diajak mamaku ya aku ikut. 

bener aja kata pakde ku, panas, pengap rumahnya. kaya nggak cocok aja sama rumah mewah pada umumnya. disitu ibu ibu langsung pada julid, rumah gede kok nggak ada kipas/AC nya. 

aku disitu lihat sendiri, karena diruang tamu kebelakang nya itu ruang tv dan disela selanya ada sekat. terus sampingnya jalan buat keruang tv tsb lalu sampingnya kamar kamar. btw, aku udah kuliah sekarang dan kejadian main kerumah itu barusan banget beberapa bulan yang lalu. dan waktu jalan ke kamar mandi, bau dupa kenceng banget terlebih ada satu kamar yang pintu nya beda warna sendiri, warnanya putih sedangkan pintu lainnya warna coklat. kontras bgt kan ya. disitu pintu nya kaya nggak sampe ke lantai banget dan ada celah lumayan tinggi. ada bayangan, kaya ada orang di dalemnya, aku berusaha buat liat dan mastiin kalo bau dupa itu bener dari situ.

tiba tiba si ibu pemilik rumah negur kita, sewot banget gila dia bilang “kalo udah selesai kalian balik sana, nggak sopan banget ngintip kamar orang.”  aku lihat ada bayangan hitam di balik sekat itu, aku ngajak ibu yang istrinya orang pinter ini buat ngeliat kesana dengan alasan mau ke kamar mandi dan dibolehin.

(ini ada part ketinggalan sebelum ke kamar mandi) 

sampe kita semua pulang dan berhari hari kemudian istrinya orang pinter ini nyuruh suaminya buat kerumah itu lagi, buat bacain doa doa. sampe akhirnya sebulan kemarin itu hiatus jualan bener bener tutup dan baru buka awal april kemarin, kalo puasa kan biasanya warung ditutupi kan ya kalo buka gitu, nah itu juga sama. 

aku pas ngelewatin warung itupun masih sama rasanya kaya tiba tiba panas yaa something like this lah. ku pikir masih jualan mie ayam ternyata bakso, karena waktu malam hari ada plang nya gitu bakso. tapi kata temenku jualan mie ayam juga. gatau lah ya mana yang bener, sampe sekarang jadi masih ada itu warung cuma semenjak di doain sama orang pinter ini jadi sepi beneran sepi. 

sepi nya kaya mendadak gitu(?) gatau juga tapi tetap ada yang beli kok. dan juga ada kaya sajen(?) gatau juga iya atau mataku yang nggak jelas lihatnya tapi itu ada didepan warung nya dia. kata tetangga² ku juga denger denger lagi hamil lagi. 

terlepas dari itu semua, makasih udah mau baca thread ini, maaf juga kalo berantakan hehe. pesen aku jualan lah dengan jujur. karena kerja sama dengan setan pasti ada hal yang harus kita korban kan juga. anw, stay healthy all. thankyouuu. love, erika. ❤️ 

oh iya, nggak bangkrut kok cuma karena beritanya udah banyak banget dan terlebih orang orang yang ‘bisa lihat’ itu juga banyak jadi mungkin mereka lebih waspada juga buat beli disitu. 

Thread By @mkleeminer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *