RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

Asal Usul Anja-Anja

Ketika membicarakan tentang hantu, sosok menyeramkan akan langsung terbesit dipikiran kalian, dan rasa takut akan mulai menghampiri apa lagi membicarakannya pada malam hari. Memang terkadang kita tidak bisa menyatakan bahwa hantu itu ada, karena bagi mereka yang tidak bisa melihat kehadirannya hantu seperti dongeng yang diceritakan untuk menakuti orang lain. Namun bagi yang bisa melihat dan pernah merasakan kehadirannya, kejadian bertemu dengan hantu adalah mimpi buruk yang akan sangat sulit untuk dilupakan. Bahkan kejadian mistis itu akan terus mengikuti kalian hingga waktu yang lama. Terkadang hantu suka mengganggu orang-orang yang memiliki iman lemah, sedang banyak pikiran atau yang suka melamun. Mereka bisa saja merasuki orang untuk mengambil alih tubuh manusia. Atau ada hal yang belum terselesaikan sehingga mereka ingin meminta tolong kepada manusia, agar membantu mereka dalam menyelesaikan permasalahannya.

Keberadaan hantu tidak bisa dipastikan tepatnya ada dimana, mereka bisa berada dimana saja. Bahkan tempat yang kalian pikir aman pun bisa saja ada hantu yang bersemayam di sana. Karena banyak kejadian dimana seseorang diganggu ketika sedang tidur, bahkan sedang beribadah pun dedemit ini masih bisa mengganggu kita loh. Rumah yang memiliki cerita kelam juga bisa menjadi tempat hantu tinggal. Seperti rumah yang pernah digunakan untuk melakukan pesugihan atau pernah terjadi pembunuhan, dipercaya arwah-arwah akan terus berada di rumah tersebut sampai ada yang mengusir atau mengantarkan mereka pergi.

Selain itu hantu yang memiliki rasa iri dan dendam yang tinggi dapat mengganggu manusia bahkan ketika manusia tersebut dalam keadaan bahagia. Salah satu hantu yang tidak senang dengan kebahagian manusia adalah hantu anja-anja. Dijamin kalian pasti gak akrab dengan hantu satu ini. Karena yah memang hantu ini lebih dikenal dataran tinggi Jawa. Hantu anja-anja ini menjadi momok menyeramkan bagi warga sekitar yang mempercayai hantu ini.

Hantu anja-anja ini menjadi salah momok menyeramkan bagi para pengantin baru. Loh kok bisa? Karena memang hantu anja-anja ini mengincar para pengantin baru yang bahkan menurut mitosnya, hantu anja-anja tidak segan-segan untuk membunuh salah satu mempelainya. Ngeri banget yah guys, bukan mantan ajah yang suka mengganggu pengantin baru tapi hantu juga bisa mengganggu bahkan dengan cara yang lebih extreme.

Dalam mitos yang dipercayai oleh masyarakat, hantu anja-anja ini sering menghisap darah salah satu pengantin. Korban yang dihisap darahnya akan mati dengan tubuh membiru karena darahnya habis terhisap, biasanya korban yang dihisap darahnya sesudah malam pertama. Ada juga yang berkata bahwa anja-anja adalah hantu yang menghisap darah dan energi hidup kita saat tidur dan membuat tubuh sakit dan muncul bercak ungu kebiruan. Kalian pernah tiba-tiba muncul lebam padahal kalian tidak pernah terbentur? Atau mendengar kalimat “wah dijilati sama hantu tuh”? Nah ini bisa menjadi salah satu tanda kalian sudah menjadi korban anja-anja loh guys.

Hantu anja-anja ini sangat dipercayai, oleh karena itu pengantin yang akan menikah diharapkan lebih mawas diri. Karena teror dari anja-anja ini benar-benar membuat para orang tua selalu memperingati anak-anaknya agar tidak menjadi target dari hantu anja-anja.

Walaupun ditakuti dan dipercaya kebenarannya, namun sebenarnya tidak ada yang pernah tahu bagaimana wujud jelasnya. Bahkan tidak ada yang tahu bagaimana asal usul dari hantu satu ini. Makhluk ini juga sulit dideteksi lantaran sering beraksi secara cepat dan di waktu manusia lengah, misalnya ketika sedang tidur.

Ada segelintir mitos yang berkembang dimana hantu anja-anja ini adalah pengantin yang gagal menikah, sehingga ia sangat dendam dengan para pengantin yang bahagia. Sebenarnya tidak ada yang mengetahui mengapa hantu anja-anja ini sangat menyukai darah.

Cerita mengenai hantu anja-anja ini memang sulit untuk dilepaskan dari kehidupan masyarakat. Karena memang sudah menjadi sebuah urban legend yang melekat dengan kehidupan masyarakat. Mereka mempercayai hal ini juga biasa nya karena mendapatkan wejangan dari orang tua, yang akan diceritakan kembali ke anak-anak mereka. 

Bagaimana menurut kalian? Apakah cerita tentang anja-anja ini benar adanya? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *