RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

Asal Usul Antu Banyu

Indonesia memiliki alam yang begitu indah, keindahannya tidak hanya terkenal di Indonesia bahkan di dunia. Bahkan keindahan Indonesia sangat beragam dan tidak ada habisnya untuk di explore. Salah satu tempat yang bisa kalian kunjungi adalah Sungai Musi. Sungai ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Sungai yang memiliki panjang 750km ini memiliki pemandangan Jembatan Musi yang sangat megah, kalian bahkan bisa mengelilingi Sungai Musi dengan perahu / kapal. Namun dibalik keindahannya, sebenarnya Sungai Musi menyimpan cerita yang melegenda, dimana terdapat Antu Banyu yang terkenal di masyarakat Sungai Musi. Yuk lebih mengenal antu banyu.

Asal Usul Hantu Banyu

1. Pangeran Berbau Badan

Pada suatu zaman terdapat seorang pangeran dari suatu kerajaan yang memiliki berbau badan amis yang sangat menyengat. Hal ini membuat sang pangeran sulit untuk menikah karena tidak ada yang mau dengan nya. 

Sampai ada seorang raja yang bersedia untuk menikahkan putrinya dengan sang pangeran. Disaat hari pernikahan kedua mempelai diarak keliling berdua di dalam sebuah tenda.

Pernikahan mereka berdua tidak bertahan lama, hanya bertahan setengah hari. Hal ini dikarenakan sang putri tidak tahan dengan bau amis dari pangeran. Saking tidak tahannya dia melarikan diri dan nekat lompat ke sungai yang mengakibatkan sang putri meninggal. Putri inilah yang dikenal dengan Antu Banyu.

2. Dikutuk

Ada seorang perempuan muda yang sangat berenang disaat sungai pasang. Bila air sedang padang sang perempuan akan langsung pergi ke sungai untuk berenang, padahal orang tua sudah melarangnya namun sang wanita tidak menggubris hal tersebut. Karena hal ini lah sang orang tua mengutuk anak perempuan mereka menjadi ‘Antu Banyu’.

Tanda Keberadaan Antu Banyu

Antu Banyu dipercaya kerap menampilkan diri, terutama di perahu-perahu yang tertambat di sungai Musi dan jembatan kayu dari rumah rakit ke permukaan air. Ciri-ciri suatu tempat telah didatangi oleh Antu Banyu adalah munculnya cairan lendir misterius. 

Ciri lain kedatangan Antu Banyu adalah pada saat air pasang sedang mengalir, muncullah pusaran air. Pusaran itulah yang disebut sebagai istananya Antu Banyu. Beberapa orang yang mengaku telah pernah melihat, Antu Banyu bentuknya seperti manusia yang bercampur dengan Siamang atau monyet kecil. Mulutnya monyong dengan bulu panjang nan tebal menghiasi seluruh badan.

Cerita Mistis

1. Lolos Dari Hantu Banyu

Seorang pria bernama Agus membagikan ceritanya pada masa kecil. Saat itu dia sedang buang hajat pinggir garang (halaman depan rumah yang terbuat dari kayu). Pada saat itu sungai sedang pasang dan warga sekitar biasanya akan pergi ke toilet. 

Saat itu keadaan tangga untuk turun ke sungai belum terendam sepenuhnya. Agus yang sudah selesai pun akan mencuci di sungai namun tiba-tiba terasa licin dan iya terjatuh ke dalam sungai. Disaat itu lah dia merasakan ada seseorang yang menarik kakinya dari dalam sungai. Menyadari hal itu pun Agus langsung berteriak berusaha meminta bantuan warga sekitar. “Saat terasa ditarik-tarik, saya teriak ‘tolong ada hantu banyu narik’. Teman teman yang di atas membantu menarik tangan saya. Akhirnya bisa naik ke atas,” kata dia. Bersyukur Agus selamat dari kejadian mengerikan tersebut. 

2. Melompat Dari Kapal

Fredy Situmorang (23) seorang nelayan yang sedang makan mie instan di kapal bersama dengan temannya. Kapal tersebut sedang menepi di Pangkalan 35 Ilir, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang, Minggu (23/9) dini hari. Saat sedang makan ini, Fredy tiba-tiba berteriak dan menunjuk ke satu titik, dia berteriak bahwa ada sesosok makhluk menyerupai manusia berwujud hitam dan tinggi besar dan berkata “Antu Banyu”. Karena panik Fredy langsung melompat kedalam sungai, hal ini terjadi sangat cepat sehingga temannya belum sempat untuk mencegahnya. Setelah kejadian itu teman-temannya mencari disekitaran lokasi namun tidak berhasil menemukannya. Akhirnya melaporkan kepada pihak berwajib, tapi sampai sekarang Fredy belum ditemukan. 

Legenda ini sangat mengkhawatirkan karena sudah banyak kejadian tenggelam disana. Sehingga para ibu memperingatkan anaknya untuk berhati-hati jika bermain di Sungai Musi yang sedang pasang. Hantu Banyu dipercaya memiliki ciri-ciri berambut panjang dan hitam. 

Hantu banyu dipercaya bahwa dia akan mulai mencari mangsanya ketika matahari mulai terbenam. Hantu Banyu akan menggunakan lendir yang terdapat di badannya untuk membuat tangga-tangga yang ada di sungai menjadi licin. Disaat itu dia akan bersabar menunggu korban jatuh kedalam sungai, dan kakinya akan dililit sangat erat yang dipercaya itu adalah rambut dari hantu banyu. 

Cerita-cerita seperti ini akan selalu ada disekitar kita, maka dari itu kalian harus lebih berhati-hati ketika sedang mengunjungi sebuah tempat baru.

Untuk warga di sekitaran Sungai Musi, apakah kalian tahu cerita ini atau jangan-jangan kalian pernah mengalaminya? Jika ada jangan lupa bercerita di kolom komentar yah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *