RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

Asal Usul Bayi Trek

Hantu adalah salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan orang Indonesia. Banyak orang Indonesia yang mempercayai keberadaannya, walaupun ada segelintir orang yang tidak. Kepercayaan terhadap hantu juga tidak bisa dihilangkan begitu saja, karena biasanya cerita-cerita ini berawal dari nenek moyang yang kemudian menceritakan nya kembali kepada turunannya. Selain itu banyak juga dari orang tua yang menggunakan cerita hantu untuk menakuti-nakutiĀ  anaknya. Cerita turun temurun ini akhirnya menjadi sebuah urban legend yang melekat di masyarakat. Terkadang setiap daerah memiliki urban legend masing-masing yang dipercayai oleh mereka. Salah satu yang menjadi urban legend di tanah Jawa adalah Bayi Trek.

Untuk sebagian besar masyarakat Indonesia mungkin tidak mengetahui tentang bayi trek. Karena memang hantu ini tidak sepopuler dengan teman sekebangsaannya seperti kuntilanak, pocong ataupun tuyul. Bayi trek lebih dikenal oleh orang Jawa. Dimana dipercaya bahwa bayi trek merupakan arwah bayi yang mengalami keguguran di kandungan sang ibu, digugurkan, atau kecelakaan yang menyebabkan kematian sang bayi. Walaupun sudah meninggal, dipercaya bahwa sang bayi masih hidup dan berkembang di alam gaib. Selain disebut bayi trek, masyarakat Jawa juga menyebutnya dengan bayi ambar. 

Tidak hanya ada juga yang menyatakan bahwa anak ambar atau bayi trek ini adalah janin yang hilang secara gaib atau mati karena kejadian-kejadian supranatural, kejadian supranatural sendiri biasa dihubungkan dengan pesugihan atau tumbal dan sebagainya. Ada juga cerita yang mengatakan bahwa bayi trek ini merupakan janin kembar, namun sayang salah satu dari mereka meninggal. Sehingga arwah yang meninggal akan menjadi pelayan bagi saudara kembarnya yang masih hidup atau sampai mereka berdua melepaskan ikatan mereka.

Dipercayai juga bahwa sifat dari bayi trek tergantung bagaimana cara mereka meninggal. Ada bayi trek yang baik dan ada juga bayi trek yang jahat. Bayi trek yang baik biasanya merupakan janin yang meninggal bukan karena kesengajaan, misalnya keguguran karena kelelahan. Selain itu janin bayi yang didoakan juga akan meminimalisir arwah bayi akan diambil oleh makhluk jahat.

Berbeda dengan bayi trek yang jahat, biasanya mereka adalah janin bayi yang dibunuh dan tidak diinginkan oleh orang tua mereka. Dimana mereka sengaja digugurkan atau yang lebih parah janin-janin tersebut digunakan untuk pesugihan. Dengan cara kematian yang tidak baik serta tidak pernah didoakan, arwah-arwah bayi ini yang kemudian akan diambil oleh makhluk jahat, atau bahkan bisa dimanfaatkan oleh manusia yang sedang mendalami ilmu hitam. 

Kemunculan hantu ini konon katanya selalu ditandai dengan suara berisik seperti kayu pecah. Ketika menampakkan diri, wujud dari hantu ini memiliki badan belalang besar dan kepalanya adalah kepala bayi. Tetapi hantu yang hanya sering terdengar suara berisiknya itu jarang menampakkan wujud, hantu ini hanya menakut-nakuti tetapi tidak mencelakai. Masyarakat percaya cara menangkal hantu ini adalah dengan melempari serbuk garam ke tubuhnya dan tempat dimana suara tersebut berasal.

Apa yang kita kerjakan semua akan ada konsekuensinya. Sama pula dengan bayi trek ini, walaupun kita melihat bayi tersebut sudah meninggal, namun kita tidak pernah tahu apakah arwah bayi akan dimanfaatkan oleh makhluk ataupun orang jahat di luaran sana. Jika kalian mengalami hal buruk seperti di atas coba untuk doakan janin tersebut sehingga terbuka jalan bagi sang bayi untuk menuju ke alam yang lebih baik. Dikuburkan dengan layak sehingga sang janin bisa didoakan dan memiliki tempat nya tersendiri. Walaupun memang kita tidak dapat mengatur kehidupan hidup seseorang, namun semoga dengan membaca artikel ini kalian bisa lebih bijak dalam mengambil keputusan apalagi yang berhubungan dengan nyawa seseorang. Karena keputusan yang kalian buat akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan kedepannya sang bayi. Terlepas dari percaya atau tidak tentang bayi trek, menguburkan janin memang sesuatu yang harus dilakukan.

Namun untuk kepercayaan tentang bayi, hal ini tidak sepenuhnya dipercaya oleh masyarakat. Karena banyak yang percaya bayi yang sudah meninggal pasti akan langsung menuju ke surga. Percaya atau tidak semua tergantung dari masing-masing orang. Kalau menurut kalian apakah cerita ini nyata atau hanya sebuah urban legend?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *