RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

Asal Usul dan Cerita Tentang Bus Hantu

Seperti yang kita ketahui, di Indonesia banyak sekali cerita horor di setiap daerahnya. Cerita-cerita ini berasal dari zaman dahulu kemudian berkembang dan terus diceritakan hingga sekarang. Salah satu cerita yang paling banyak berkembang di masyarakat adalah bus hantu. Dimana sesuai dengan nama nya bus hantu ini merupakan sebuah bus gaib yang suka muncul. Biasanya bus hantu ini terlihat seperti biasa jika dilihat dari luar, orang yang naik ke dalam bus tersebut juga terkadang tidak sadar karena semua kondisi terlihat sama layaknya bus biasa. Hingga akhirnya penumpang akan sadar bahwa ada yang aneh karena kondisi sepi dan tidak berhenti di setiap terminal. 

Untuk asal usul bus hantu sendiri memang tidak jelas dari mana asalnya, namun beberapa sumber menyebutkan bus hantu berasal dari bus-bus yang mengalami kecelakaan yang mengakibatkan seluruh penumpangnya meninggal. Dipercaya juga arwah-arwah ini masih belum tenang sehingga mereka masih berjalan seperti biasa dan apesnya ada orang-orang yang menaiki bus tersebut. Dibawah ini ada beberapa cerita yang memberikan kesaksian pernah menaiki bus hantu. 

Cerita Tentang Bus Hantu

1. Bus Hantu Cikampek – Bandung

Cerita ini bermula seseorang di instagram dengan nama akun @hebosto. Hebbie menceritakan pengalamannya bisa dibilang mengerikan, cerita ini sempat viral karena menyita perhatian warganet. Dimana di dalam cerita yang dia sedang menaiki sebuah bus dari Cikampek menuju ke Bandung. Ketika dia masuk ke dalam bus, suasana aneh sudah terasa. Di dalam story nya itu dia menuliskan “Gue ngeliat kok orang-orang pas lampu bus dinyalain, pada tegang dan pucet. Duduknya bener-bener tegap, tapi mukanya pucet. masuk jam 8 malem itu lampu bus kayak nyala mati nyala mati. LOGIKA GUE, mungkin dinyala matiin gitu takut ada copet apa gimana lah. Biar pada tau” tulisnya. 

Setelah di dalam bus ia mulai merasakan keanehan, ia mencium bau amis. Ketika ia berusaha untuk mengajak bicara penumpang lain namun tidak ada tanggapan. Hal ini semakin membuatnya merinding berada di dalam bus tersebut. Ia pun memfoto barisan bangku yang ada di bus, di dalam foto tidak ada satupun penumpang yang tertangkap kamera. Padahal menurut pandangan Hebbie, bus tersebut terisi penuh. Ia bertukar pesan dengan istri nya dan hanya bisa terus berdoa agar bisa sampai tujuan dengan selamat. Ketika sudah sampai di terminal yang dituju, ia pun meminta supir untuk berhenti disana dan anehnya lagi hanya Hebbie sendiri yang turun di terminal tersebut. Ketika ia turun Hebbie sempat berinteraksi dengan kondekturnya. “Gue kasih uang dan bilang, “Pak punten saya tadi belum bayar… dan kernetnya malah bilang: Mangga a turun aja gapapa..” ujar kondekturnya.

Untung nya Hebbie pulang dengan selamat, walaupun ketika dia turun dia merasakan rasa gatal yang luar biasa dan bagian tangannya terasa berat. Hebbie sudah melakukan pengobatan namun rasa gatal dan sakit tersebut tetap terasa hingga story terakhir yang dia upload. 

2. Kisah Seorang Gadis Menaiki Bus Hantu Tahun 1965

Kisah ini bermula dari seorang wanita di Twitter @askmenfess yang menceritakan kisah horornya ketika melakukan perjalanan dari Banyuwangi ke Sidoarjo. Dimana wanita ini baru saja mendapatkan pekerjaan di Sidoarjo yang membuatnya harus bolak balik untuk memindahkan barang-barangnya. 

Pada malam itu ia menaiki bus dari Sidoarjo ke Banyuwangi dengan jadwal yang agak malam yaitu jam 9 malam. Ketika bus datang ia memasukinya lalu duduk di salah satu bangku kosong dan kemudian meletakkan tas bawaan di bangku sebelah. Ketika ia masuk ke dalam bus sebenarnya ia sudah menyadari ada keanehan, dimana seluruh penumpang mengenakan pakaian putih serta penutup muka yang senada. Melihat hal itu ia tidak terlalu memikirkannya dan menggap bahwa itu hanya rombongan yang hendak berwisata ke Bali. 

Tidak ada yang aneh selama perjalanan, wanita tersebut juga sampai ditujuan dengan selamat, namun hanya diturunkan di depan terminal. Saat sampai di terminal seorang satpam menghampirinya dan memberitahu bahwa wanita tersebut baru saja turun dari bus hantu. Ditambah seluruh penumpang yang ia lihat di dalam bus tersebut adalah pocong. Mendengar hal tersebut sang wanita langsung lemas tak percaya. Apalagi ia baru menyadari bahwa perjalanan yang ia tempuh hanya 5 menit padahal normalnya perjalanan yang harus ditempuh dari Sidoarjo ke Banyuwangi adalah 5 jam. Tiket yang ia miliki juga ternyata tiket yang diproduksi pada tahun 1965.

Menurut rumor yang beredar, pada tahun 1965 terjadi sebuah kecelakaan yang mengenaskan. Dimana terdapat sebuah bus yang berisi penuh penumpang mengalami kecelakaan dan masuk ke dalam jurang. Hal ini mengakibatkan seluruh penumpang termasuk sopir dan kondektur meninggal dunia. 

Itu dia cerita dari orang yang pernah menaiki bus hantu, percaya atau tidak semua dikembalikan kepada pembaca. Karena memang dunia gaib terkadang diluar nalar dan hanya bisa dipercaya apabila seseorang sudah mengalaminya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *