RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

Asal Usul Hantu Jeruk Purut

Hantu sosok menyeramkan namun sangat menarik untuk dibahas. Terkadang disaat kita sedang bersama dengan teman ataupun keluarga cerita hantu merupakan salah satu tema yang menarik untuk dibahas. Karena keberadaannya yang tidak pasti nyata atau tidak, membuat rasa penasarannya tentang nya semakin besar. Di masa modern seperti sekarang banyak sekali yang ingin membuktikan tentang kehadirannya. Banyak dari mereka yang melakukan uji nyali dengan tujuan untuk memuaskan rasa penasaran mereka, atau hanya untuk konten semata. Banyak lokasi menyeramkan yang dipilih untuk melakukan uji nyali tersebut, salah satu tempat yang sering dipilih adalah Tempat Pemakaman Umum. Dimana dipercaya tempat ini akan menjadi sarang atau tempat berkumpulnya para makhluk halus. Salah satu tempat pemakaman yang terkenal dengan kehororan nya adalah Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut. TPU satu ini berlokasi di Jakarta Barat, dan sudah pernah dibuatkan sebuah film horor yang berjudul Hantu Jeruk Purut yang semakin membuat TPU ini semakin terkenal.

Hantu-hantu Yang Bersemayam Di Pemakaman Jeruk Purut

Sudah terkenal angker, TPU Jeruk Purut memiliki banyak cerita hantu yang menyelimutinya. Untuk kalian yang ingin melakukan uji nyali ketempat ini wajib banget didampingi oleh penjaga makam. Hal ini bertujuan agar kalian tidak melakukan hal-hal konyol yang akan mencelakai diri kalian sendiri. Nah untuk yang mau uji nyali, beberapa hantu ini mungkin akan kalian temui.

1. Hantu Pastur Kepala Buntung

Cerita satu ini sudah seperti urban legend yang sangat terkenal. Dimana dipercaya ada seorang pastur yang kepalanya dipenggal disaat dia sedang menyebarkan agama. Hantu pastur ini akhirnya bergentayangan dengan menenteng kepalanya dan ditemani oleh seekor anjing hitam dan besar. Dipercaya hantu pastur ini berkeliling makam dengan tujuan mencari dimana makam nya, namun konon katanya sebenarnya makam pastur tersebut tidak berada di TPU Jeruk Purut melainkan berada di TPU Tanah Kusir. Salah satu tanda kehadiran dari hantu ini adalah terdengar suara lolongan anjing sebanyak satu kali. Namun jika terdengar berkali-kali artinya itu bukan lolongan dari anjing sang pastur.

Namun ada penjaga makam yang berkata bahwa cerita ini sebenarnya sudah menghilang dari tahun 1997. Dan jika kalian melihatnya sekarang bisa jadi itu adalah jelmaan dari jin yang menyerupainya. Namun ada yang bilang juga bahwa cerita hantu ini hanya cerita yang dibuat. Percaya atau tidak cerita tentang pastur ini sudah sangat melekat dengan TPU Jeruk Purut.

2. Kuntilanak Kembar

Jika kalian datang kesini kalian akan melihat sepasang pohon jeruk purut, di pohon ini dipercayai bahwa bersemayam kuntilanak kembar. Banyak yang memberikan kesaksian pernah melihat sosok tersebut. Menurut penuturan penjaga makam, jika tidak meminta izin kepada penghuni disana kalian sama sekali tidak akan bisa memotret pohon kembar tersebut. Secanggih apapun kamera yang kalian bawa hasilnya akan buram atau gelap.

3. Terdapat Sebuah Sumur Angker

Kalian akan dibawa oleh sang penjaga makam ke sebuah sumur yang berada di sebelah timur TPU. Sumur tersebut dipercaya sudah ada dari masa kemerdekaan dan dipercaya juga bahwa didalam sumur tersebut terdapat mustika. Penghuni dari sumur tersebut adalah ular asli maupun ular jadi-jadian. Di sekitar sumur tersebut juga tak kalah menyeramkan dimana di dekat pohon bambu suka terdengar suara gigi. Menurut penjaga makam itu adalah suara genderuwo yang sedang marah. Kemarahan ini bisa dipicu karena cahaya berasal dari senter atau suara berisik dari para pengunjung,

4. Pohon Benda, Pohon Paling Angker

Pohon benda ini terletak di sebelah Barat TPU, pohon ini dipercaya adalah pohon tertua yang ada disana. Menurut penjaga makam, di pohon ini bersemayam dua mahluk halus baik dan jahat. Jika makhluk yang jahat iseng maka biasanya mahluk yang baik akan menegurnya. Namun jika di titik uji nyali lainnya kalian hanya akan diganggu dengan penampakan, tetapi disini kalian akan disakiti secara fisik. Dimana penghuni hantu tersebut akan usil dengan melempari kalian dengan batu.

Bagi kalian yang ingin uji nyali diharapkan selalu didampingi oleh penjaga makam, selain itu kalian harus jujur dengan kondisi kalian terutama wanita yang sedang haid sangat tidak dianjurkan untuk berkunjung. Para pasangan juga diharapkan untuk tidak bermesraan berlebihan karena bisa menjadi incaran para dedemit yang ada disana loh. Niat kalian ketika mengunjungi TPU Jeruk Purut juga harus kalian pertanyakan, jika kalian kesana dengan perasaan sombong, menantang keberadaan mereka admin sarankan untuk mengurungkan niat kalian saja. Karena sifat ini yang sebenarnya bisa menimbulkan masalah. Masih berminat untuk uji nyali ke TPU Jeruk Purut? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *