RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

Asal Usul Hantu Kemamang

Seperti yang kita ketahui membicarakan hantu di Indonesia merupakan hal biasa, karena memang hantu masih menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia. Banyak sekali cerita hantu yang ada sudah menjadi cerita turun temurun yang diceritakan oleh para tetua. Selain itu hantu terkadang juga identik dengan yang namanya ilmu hitam. Tidak bisa dipungkiri memang, hantu ini terkadang “dipekerjakan” oleh manusia yang menganut ilmu hitam atau biasa kita sebut dengan dukun. Walaupun dalam praktiknya ketika seseorang menggunakan jasa dari hantu ini, mereka harus memberikan bayaran kepada sang hantu. Tak jarang bayaran yang diminta bisa berupa nyawa seseorang.

Banyak cerita di luaran sana ketika seseorang menggunakan ilmu hitam untuk mendapatkan kekayaan, mereka harus rajin dalam memberikan sesajen dan tumbal. Tumbal ini bisa berupa nyawa binatang dan yang lebih menyeramkan nyawa manusia. Jika mereka lalai dalam memberikan tumbal yang sudah dijanjikan, sang pengguna jasa hantu tersebut harus bersiap jika keluarga mereka akan menjadi tumbalnya. Ngeri ya guys

Nah hantu yang akan kita bahas sekarang juga merupakan hantu dan terkadang juga digunakan sebagai media untuk mengirimkan ilmu hitam. Nama nya adalah hantu kemamang. Hantu ini sendiri lebih dikenal di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Namun ketika melihat bentuknya mungkin banyak yang mengenal hantu ini. Yuk kita bahas sebenarnya hantu apa sih ini.

Apa Itu Hantu Kemamang

Hantu kemamang merupakan hantu yang sangat terkenal di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Hantu kemamang juga memiliki bentuk yang mirip dengan Banaspati.  Dimana hantu kemamang dipercaya menampakkan wujudnya dalam bentuk bola api yang melayang-layang di udara. Hantu kemamang ini akan terbang melayang-layang dari jarak jauh terus mendekati satu orang atau menyelusup dari satu pohon ke pohon lain, namun ada satu pohon yang tidak akan dilewati yaitu bambu kuning. Selain itu ada cerita yang mengatakan bahwa hantu kemamang ini memiliki wujud tubuh tersusun dari elemen api. Wujud asli hantu ini biasanya berupa raksasa seperti Genderuwo namun dengan kepala yang penuh dengan kobaran api.

Ada kesamaan di antara banaspati serta kemamang, ke-2 makhluk misterius itu saling keluarkan kobaran api saat menampakan dirinya. Entahlah apa arah dari makhluk itu yang pasti warga Blitar Jawa Timur benar-benar takut bila melihat hantu berbentuk bola api ini.

Bila beberapa kisah tentang banaspati menceritakan mengenai bentuk lain dari penampakan bola api yang paling seram, hantu Kemamang hadir dengan lebih sedikit santun. Hingga saat ini tidak pernah ada yang mengaku alami kebakaran atau terluka sebab tingkah dari makhluk misterius ini.

Tetapi meskipun demikian ada juga kabar yang mengatakan jika ada orang yang bertemu hantu ini akan menjadi gila. Kemamang adalah makhluk halus/ setan yang bersayap dengan kepala berapi. Kemamang juga sering dikaitkan dengan Lampor, kemunculannya sama-sama selalu membawa maut dan bencana.

Di daerah Gunung Kidul, Kemamang disebut juga dengan Pulung Gantung. Setiap orang yang bertemu dengan makhluk halus jenis ini pasti akan mengalami guncangan jiwa dan berakhir dengan bunuh diri dengan cara menggantung diri atau menerjunkan diri dari ketinggian.

Nah dari beberapa isu soal hantu Kemamang ini, timbul pertanyaan apakah berbahaya atau tidak? Dukun Milenial menarik kesimpulan bahwa hantu Kemamang sama berbahayanya dengan Banaspati karena akan menimbulkan malapetaka, perbedaan yang kentara diantara keduanya ialah cara kerjanya dimana Banaspati membawa ‘penyakit’ yang akan menyerang fisik seseorang, sedangkan hantu Kemamang membawa ‘penyakit’ yang menyerang jiwa seseorang.

Kebenaran dari hantu kemamang sendiri masih menjadi sebuah pertanyaan. Namun banyak juga dari mereka yang memberikan testimoni bahwa mereka pernah melihat hantu kemamang. Yah seperti biasa jika membicarakan tentang yang namanya hantu semua dikembalikan kepada masing-masing orang percaya atau tidak. Sekian cerita tentang hantu kemamang, jika kalian ada cerita atau daerah rumah kalian pernah ada teror dari hantu kemamang ini jangan lupa untuk menceritakan nya di bawah yah. Supaya teman-teman yang lain bisa merasakan sensasi kengeriannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *