RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

Asal Usul Hantu Kisut

Di Indonesia cerita hantu masih termasuk cerita yang banyak diminati. Hal ini dibuktikan dengan masih maraknya film-film bertema hantu. Selain itu juga banyak sekali video mistis di sosial media menjadi viral dan trending dimana-mana. Cerita mistis ini masih menjadi sesuatu yang menarik perhatian, dan perbincangan yang bisa menghabiskan banyak waktu. Terkadang hantu adalah topik yang sangat menarik untuk dibahas, namun pasti banyak dari kalian yang hanya ingin mendengar ceritanya tetapi tidak ingin bertemu secara langsung kan dengan sang hantu? 

Seperti yang kita ketahui, manusia hidup berdampingan dengan makhluk halus. Walaupun kita tidak dapat melihat nya, terkadang kehadiran mereka juga bisa memberikan tanda yang dapat membuat kita merinding. Seperti tiba-tiba udara di ruangan terasa dingin atau biasanya yang paling sering adalah munculnya wewangian bunga melati atau kemenyan. Tidak hanya itu saja, hantu juga terkadang bisa menyamar sebagai seorang manusia dan berbaur. Atau melakukan keusilan kepada para pedagang yang berjualan pada malam hari. Pasti kalian sering mendengar cerita masyarakat sekitar, dimana ada sosok wanita cantik yang membeli makanan namun tiba-tiba menghilang begitu saja. Bisa jadi itu adalah sosok hantu yang usil.

Tapi tahu gak sih ada salah satu ciri yang bisa membedakan antara manusia dan mahluk halus? Jawabannya adalah bayangan. Yah dimana manusia memiliki bayangan hitam yang selalu mengikuti kita, sedangkan makhluk halus tidak memiliki nya. Namun bagaimana jika bayangan yang selalu mengikuti kita ternyata adalah hantu? Ternyata ada loh guys hantu yang berwujud bayangan dan selalu mengikuti seseorang.

Hantu Kisut, Sang Bayangan yang Selalu Membuntuti

Hantu kisut merupakan salah satu hantu yang berasal dari Pacitan, Jawa Timur. Tidak seperti kebanyakan hantu, hantu kisut ini berbentuk bayangan. Hantu ini dikenal suka mengikuti para pendatang yang datang ke desa tertentu. Walaupun bukan termasuk hantu yang dikenal luas oleh masyarakat, namun cerita ini banyak dipercaya juga loh. 

Hantu kisut ini sendiri digambarkan sebagai hantu yang memiliki sosok hitam, yah seperti bayangan. Namun seramnya, hantu ini akan menemani para pendatang dengan merubah wujudnya, biasanya hantu ini akan mengikuti bayangan manusia dan menyesuaikan dengan bentuk panjang pendeknya sudut dan penyinaran cahaya yang dipantulkan. Namun, jika adanya keberadaan hantu ini, bayangan tubuh manusia tidak dapat mengikuti sudut pantul cahaya melainkan tetap sama panjangnya dengan karakteristik tubuh tersebut. Gak kebayang kan guys, sosok yang menemani kalian berjalan ternyata adalah hantu kisut. 

Sudah menjadi hal biasa bagi para warga yang melihat seorang pendatang ditemani oleh bayangan hitam. Karena yah memang mungkin warga tidak terlalu takut akan kehadiran hantu satu ini. Hantu Kisut sendiri terkenal merupakan hantu yang tidak menyakiti, mungkin hantu kisut ini lebih ingin mengenal dan penasaran terhadap para pendatang yang ada. Tapi ada juga loh warga yang percaya hantu kisut ini hanya mengikuti para pendatang dengan niat yang buruk. Jika kita tarik kesimpulan sebenarnya hantu kisut ini bisa dibilang baik, mungkin hantu kisut ingin melindungi desa dari orang-orang yang berniat jahat.

Hantu kisut hanya akan menjahili, tidak menyakiti para pendatang yang berniat jahat tersebut. Yah walaupun cuman dijahili pasti akan bikin kapok yah guys.

Cerita hantu seperti hantu kisut ini sebenarnya agak sulit untuk dicari tahu kebenarannya. Karena cerita-cerita seperti ini biasanya merupakan cerita yang diturunkan oleh para tetua kepada anak cucu mereka. Atau terkadang pengalaman seseorang juga bisa menjadi testimoni tentang keberadaan hantu satu ini.

Di Pacitan sendiri hantu ini namanya sudah mulai menghilang karena memang ceritanya sudah mulai tergerus oleh waktu. Namun tidak terkenal bukan berarti hantu kisut ini tidak ada loh guys. Kalian yang ingin datang ke Pacitan jauh-jauhkan niat jahat kalian yah. Jangan sampai perjalanan kalian ditemani oleh sosok hantu satu ini. Gak mau kan niat ingin jalan-jalan malah dijagain sama sosok hantu kisut?

Oleh karena itu, ketika pergi ke suatu tempat kalian harus berbuat baik, sopan, dan mengikuti peraturan yang ada yah. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *