RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

Asal Usul Hantu Muka Rata

Hantu merupakan makhluk gaib yang banyak ditakuti oleh manusia. Hal ini bukan tanpa alasan, karena hantu dapat mengganggu manusia bahkan ada hantu yang dapat menyakiti manusia hingga kehilangan nyawa. Seperti manusia, hantu juga mempunyai ciri khas masing-masing yang membuat mereka berbeda. Ketika kita menyebutkan nama salah satu hantu pasti kita akan langsung mengetahui wujudnya. Misalnya ketika kita mendengar kata kuntilanak, kita akan langsung membayangkan sosok hantu dengan pakaian putih usang, rambut hitam panjang, dan suara tertawa melengkingnya. Salah satu hantu yang memiliki ciri khas adalah hantu muka rata. Dimana dengan melihatnya saja kalian pasti sudah langsung tahu namanya.

Namun ternyata hantu muka rata ini juga ada di Jepang loh, namanya adalah Nopperabou. Nopperabou memiliki bentuk yang sangat mirip dengan hantu muka rata namun kebiasaan yang Nopperabou miliki termasuk berbeda. Dimana Nopperabou suka menakut-nakuti manusia di tempat sepi, dan mereka biasanya melakukan hal itu secara berkelompok sedangkan hantu muka rata melakukan aksinya sendiri. Untuk itu yuk kita lebih mengenal hantu lokal kita, hantu muka rata.

Asal Usul Hantu Muka Rata

Seperti namanya tentu kalian sudah tahu bagaimana rupa dari hantu satu ini. Hantu muka rata ini memiliki rambut nya panjang, tangan nya berkerut pucat, tidak memiliki kuku sehingga daging di ujung jarinya kelihatan, dan tentu saja mukanya rata(tidak ada mata, hidung, mulut).

Hantu muka rata sendiri memiliki cerita masa lalu yang kelam. Dimana menurut mitos, hantu muka rata merupakan seseorang yang meninggal dengan sadis. Hal inilah yang menyebabkan hantu muka rata dan menjadi gentayangan. 

Cerita Hantu Muka Rata

Hantu muka rata dipercaya dapat mengubah wujudnya untuk menakuti manusia. Banyak yang bercerita bahwa jika ada penjual makanan pada malam hari, seperti penjual nasi goreng atau sate yang jika kalian ingin membeli dagangannya dan mereka hanya terdiam. Kalian wajib untuk mencurigai hal ini. Karena secara logika tidak mungkin seseorang yang berjualan hanya berdiam diri saja ketika ada pelanggan yang ingin berbelanja. Nah ketika kalian sudah selesai memakan makanan yang kalian pesan, disitulah sang penjual akan mengubah wujudnya menjadi wujud asli hantu muka rata. 

Cerita lainnya ada yang mengatakan hantu muka rata ini bisa berubah menjadi sosok wanita cantik yang akan berkeliaran pada malam hari. Dipercaya hantu muka rata ini suka mengganggu para penjual. Dimana hantu muka rata akan memesan makanan dengan wajah yang ditutupi dengan rambut. Setelah pesanan datang dia akan memalingkan mukanya dan mewujudkan muka aslinya, yang akan membuat penjualnya lari tunggang langgang.

Selain itu, sebenarnya cerita tentang hantu muka rata ini juga terkenal di Universitas Brawijaya. Dimana sosok hantu ini sering berkeliaran di Fakultas kedokteran, banyak mahasiswa yang diganggu ketika berjalan di lorong perpustakaan saat menjelang malam. Ada seorang mahasiswa yang berkata bahwa ketika pada malam hari, dia sedang berjalan masuk ke dalam perpustakaan. Saat masuk ia melihat seorang sedang duduk namun membelakanginya, ketika ia menyapa sosok tersebut berbalik arah dan mahasiswa tersebut melihat muka polos tanpa mata dan hidung alias muka rata.

Selain di perpustakaan universitas, dipercaya juga hantu ini bergentayangan di asrama mahasiswa, cerita ini sudah menjadi cerita yang diceritakan secara turun temurun. Banyak mahasiswa yang diganggu dengan seperti barang-barang yang pindah tanpa alasan, selimut yang ditarik-tarik dan masih banyak hal mistis lainnya yang terjadi di asrama.

Menurut cerita dari seorang satpam, banyak mahasiswa yang sering diganggu oleh sosok hantu muka datar ini. Konon itu adalah mahasiswa yang meninggal karena diperkosa oleh sopir angkot, arwahnya kemudian bergentayangan di universitas.

Hantu muka rata ini termasuk hantu yang terkenal di Indonesia. Dimana saking terkenalnya hantu satu ini, hantu muka datar diangkat menjadi sebuah film. Rupanya yang menyeramkan, memberikan teror yang luar biasa bagi siapa saja yang melihat sosok ini. Walaupun semua hanya berdasarkan “katanya”, namun keberadaan dari hantu muka datar sendiri masih sangat dipercayai oleh masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *