RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

Asal Usul Jerangkong

Hantu merupakan sosok menakutkan yang ditakuti oleh sebagian besar orang. Di setiap negara memiliki hantu mereka masing-masing. Ada yang menyeramkan ada juga yang terlihat seperti manusia biasa. Setiap hantu memiliki asal usul dan cerita mereka masing-masing. Itulah mengapa ketika kita membicarakan tentang hantu tidak akan pernah ada habis nya. Walaupun terkadang ada beberapa hantu yang mirip namun mereka juga memiliki sesuatu yang membedakannya. Selain itu hantu juga tersebar di banyak sekali tempat, biasa nya hantu memang lebih suka ditempat-tempat kotor atau terbengkalai namun tak jarang juga hantu berdiam di tempat bersih dan rumah yang ada orang nya. Selain itu hantu juga ada yang jahat dan baik layaknya manusia, hantu jahat biasa nya suka mengganggu manusia terkadang hantu-hantu ini juga digunakan oleh oknum supaya membantunya dalam melakukan hal jaha seperti mencuri, menakuti orang, bahkan ada yang sampai membunuh seseorang. Tak hanya itu ada juga loh terkadang ada juga hantu yang bikin garuk-garuk kepala karena apa yang dilakukan oleh hantu tersebut.

Seperti hantu yang akan kita bahas sekarang, bernama hantu jerangkong. Mungkin banyak dari kalian yang bertanya, hah hantu jerangkong, apaan tuh? Memang hantu satu ini tidak sebeken hantu-hantu lain yang sering diceritakan atau dibuatkan film. Namun walaupun tidak sebeken hantu lain, hantu ini juga termasuk hantu yang mengerikan dan seru untuk kita bahas. Mari kita bahas sebenarnya apa sih hantu jerangkong itu.

Apa Sih Hantu Jerangkong

Hantu jerangkong merupakan salah satu hantu yang berasal dari tanah Jawa. Masyarakat Jawa percaya kalau jerangkong adalah arwah orang yang sudah meninggal yang pada saat dia masih hidup suka mencuri telur. Hingga mati pun ia akan tetap mencuri telur. Telur yang dicuri juga tidak ada ciri spesifik harus seperti apa dan telur siapapun bisa diambil. Namun tidak ada cerita jelas mengapa hantu jerangkong bisa gentayangan.

Hantu jerangkong digambarkan sebagai hantu yang berbentuk tengkorak, tanpa ada kulit ataupun daging. Tidak ada penjelasan pasti mengapa hantu jerangkong bisa berwujud tulang belulang saja tanpa adanya daging dan kulit.

Selain berbentuk tengkorak, hantu jerangkong terkadang juga berwujud seperti asap yang berbentuk kepala ataupun kepala tengkorak. Dipercaya hantu jerangkong merubah wujudnya menjadi asap untuk mempermudah dalam mencuri telur, dengan memasuki lubang-lubang rumah, toko, peternakan ataupun kembali ke kuburan. 

Cara Jerangkong Dalam Mencuri Telur

Pencurian yang dilakukan oleh hantu jerangkong bukan seperti tuyul yang mencuri uang dengan membawa pergi uangnya. Hantu jerangkong yang sudah mencuri telur tersebut akan memakan telurnya di tempat. hantu jerangkong pun memakan telur tersebut bukan dengan cara memecahkan telur, namun dia hanya akan memakan isinya tanpa memecahkan telurnya. Sehingga ketika kalian mendapati telur yang kalian miliki di rumah tidak memiliki isinya, bisa jadi telur kalian sudah dimakan oleh hantu jerangkong. 

Cara Menangkap Jerangkong

Ketika hantu jerangkong akan menjalankan aksinya, kebanyakan dia akan berwujud asap. Sebenarnya hantu jerangkong bisa ditangkap bisa ditangkap dengan menggunakan beberapa trik. Namun penampakan hantu jerangkong harus dilakukan oleh orang yang mengerti akan dunia ghaib. Bisa dengan memasang batok kelapa ketika jerangkong sudah keluar dari kuburan dan saat kembali, jerangkong yang menyerupai asap akan masuk ke kuburan lagi. Namun akan terperangkap ke dalam batok tadi. Saat itu, segeralah tutup batok itu dengan mori yang sudah diberi mantra. Pada pagi harinya, batok tersebut akan pecah sendiri dan betapa mengejutkan ketika melihat isinya adalah tulang belulang jari tangan.

Nah itu dia pembahasan tentang hantu jerangkong. Membaca cerita diatas memang terkesan hantu ini tidak menyeramkan karena hantu jerangkong hanya memilih untuk memangsa telur. Namun bagi mereka yang memiliki usaha telur, hantu jerangkong adalah hantu yang sangat merugikan. Apalagi jika telur yang mereka jual sampai ke tangan pembeli pasti akan menjadi masalah yang panjang. Menurut kalian, apakah hantu ini nyata? Atau hanya cerita yang dibuat untuk menutupi sebuah kasus pada zaman dahulu? Yuk beri komentar di kolom. Supaya kita bisa diskusikan bersama. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *