RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

Asal Usul Jurig Jarian

Walaupun sudah hidup dalam dunia milenial dan modern, namun hal mistis masih sangat melekat dengan masyarakat Indonesia. Bukan hanya di perkampungan saja, namun cerita mistis pun banyak yang berkembang di perkotaan. Karena memang hantu atau ilmu hitam tidak mengenal tempat maupun waktu. Kalian bisa saja melihat hantu pada siang hari atau ilmu hitam pun bisa menghampiri kalian kapan saja. Bahkan di rumah sendiri pun bisa saja ada penunggu yang tinggal di rumah kalian. Tempat ramai pun tak akan luput dari cerita mistis, seperti mall. Banyak sekali mall yang banyak cerita mistisnya, menurut “katanya” ada mall yang menggunakan penglaris ataupun tumbal. Walaupun kebenaran mitos ini belum ada buktinya, namun banyak juga yang mempercayai hal ini. Karena itu kebersihan rumah harus dijaga agar tidak menjadi sarang para dedemit, karena mereka menyenangi tempat-tempat kotor yang tidak terurus. 

Hantu sendiri masih menjadi salah satu hal yang dipercaya maupun tidak. Karena memang tidak banyak yang bisa merasakan ataupun melihat keberadaannya. Mereka yang tidak dapat melihat hal-hal seperti ini biasanya menganggap hal-hal tersebut hanyalah sebuah tahayul untuk menakuti orang – orang. Namun bagi mereka yang bisa melihat, hal ini merupakan pengalaman menyeramkan yang akan menghantui seumur hidup mereka. Walaupun sudah banyak dari mereka yang sudah menerima apa yang mereka lihat. Bahkan banyak orang yang bisa melihat hantu menjadikan hal ini sebagai penghasilan seperti menjadi konten kreator, untuk pergi ke rumah angker dan melihat hal-hal mistis.

Selain itu keberadaan hantu juga memang tak terduga termasuk salah satu hantu yang akan kita bahas sekarang. Hantu ini merupakan hantu yang tinggal di tempat kotor. Mungkin tidak akan banyak yang mengetahui tentang hantu satu ini. Namanya adalah Jurig Jarian, hantu jurig jarian lebih dikenal oleh orang Sunda. Hantu ini merupakan hantu yang menempati tempat sampah. Asal kata ‘Jurig Jarian’ sebenarnya berasal dari bahasa Sunda yakni jurig berarti hantu dan jarian berarti sampah sehingga disebut sebagai hantu penghuni tempat sampah.

Sebenarnya wujud dari hantu ini tidak ada yang tahu pasti bagaimana bentuk aslinya. Karena tidak banyak yang melihat atau memberikan pernyataan tentang bagaimana bentuk dari jurig jarian. Mitos keberadaan hantu penghuni tempat sampah di sekitar pemukiman warga ini memang tidak begitu populer. 

Masyarakat suku sunda sendiri percaya kalau Jurig Jarian hanya mau menampakkan diri pada sebagian orang saja. Selain itu mereka juga mengatakan bahwa Jurig Jurian yang sering disebut ‘penghuni tempat sampah’ itu akan muncul di waktu sore hari menjelang Magrib. Oleh sebab itu, masyarakat setempat akan menghindari membuang sampah di waktu-waktu tersebut karena khawatir bertemu dan terkena kutukan dari si Jurig Jarian. Konon jurig jarian juga sering mengincar anak-anak dan wanita hamil yang masih berkeliaran di luar rumah pada waktu petang tiba. Jurig jarian akan mengincar anak-anak dengan menularkan penyakit, sedangkan kepada wanita hamil biasanya akan diganggu dengan membuatnya kesurupan.

Hantu jurig jarian memang sudah menjadi urban legend sejak lama. Sehingga kebenaran akan keberadaan dari hantu jurig jarian ini sendiri tidak ada yang tahu. Namun banyak juga yang percaya bahwa sebenarnya hantu jurig jarian hanyalah mitos semata, dimana para orang tua dahulu membuat cerita ini agar anak-anak tidak bermain di lingkungan yang kotor seperti tempat sampah.

Secara logika sebenarnya anal-anak yang memang rentan terhadap virus akan lebih mudah terkena penyakit jika bermain di tempat kotor apalagi seperti tempat sampah. Namun mungkin karena anak-anak tidak mendengar kata-kata para orang tua, maka dibuatlah cerita ini. 

Walaupun kebenaran nya masih belum bisa terbukti, namun hantu ini tetap menjadi sesuatu yang ditakuti oleh masyarakat sekitar, 

Bagaimana menurut kalian? Apakah kalian percaya dengan keberadaan hantu jurig jarian? Atau menurut kalian ini hanya cerita karangan saja? Walaupun kalian tidak mempercayai tentang cerita hantu jurig jarian, kalian juga jangan menghina orang-orang yang percaya yah. Karena memang urban legend seperti ini akan selalu melekat di masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *