RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

Asal Usul Kuntilanak

Jika berbicara tentang hal mistis, Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki segudang hantu. Dimana setiap daerah di Indonesia memiliki hantu dengan nama, ciri khas, dan keseraman masing-masing. Hal ini karena memang hal mistis masih sangat lekat dengan masyarakat kita secara turun temurun. Banyak anak-anak yang memang diceritakan oleh orang tua, kakek nenek mereka tentang hantu atau cerita-cerita mistis yang dulu mereka dengar atau mereka alami sendiri. Cerita ini lah yang biasa akan terus diturunkan kepada anak mereka.

Terkadang banyak juga kejadian-kejadian yang tak masuk akal disambungkan dengan makhluk tak kasat mata. Bahkan beberapa kali kejadian tersebut bisa sampai viral di sosial media. Walaupun memiliki banyak sekali hantu namun ada beberapa hantu yang memiliki popularitas tinggi di Indonesia. Jika kita menyebutkan namanya 99% orang Indonesia pasti akan langsung tahu, salah satunya adalah Kuntilanak. Yah hantu ini termasuk salah satu hantu yang paling terkenal di Indonesia. Saking terkenalnya banyak sekali film-film horor yang menggunakan kuntilanak untuk menjadi salah satu bagian dari cerita. 

Kuntilanak sendiri memiliki ciri khas, dimana ia selalu mengenakan dress putih panjang menjuntai walaupun di beberapa daerah ada yang menggunakan dress berwarna lain misalnya merah atau yang biasa dikenal dengan kuntilanak merah. Selain itu kuntilanak juga memiliki rambut panjang berantakan, wajah putih menyeramkan, kuku yang tajam dan panjang. Satu hal yang paling menjadi ciri khasnya adalah cara kuntilanak tertawa. Dimana suara yang dihasilkan akan melengking dan menyeramkan. Kuntilanak bisa terbang dari satu pohon ke pohon yang lain, menurut cerita katanya kuntilanak suka bersemayam di pohon besar dan rindang. Dibalik kepopuleran kuntilanak tahukah kalian bagaimana sejarah dari kuntilanak sendiri? Yuk kita bahas.

Asal Usul

Sebenarnya tidak banyak info tentang asal usul kuntilanak ini, namun menurut cerita kuntilanak berawal pada tahun 1600 an. Dimana dipercaya bahwa kuntilanak merupakan seorang wanita hamil yang meninggal disaat proses melahirkan. Bahkan bayi yang dikandung juga belum sempat dilahirkan di dunia dan ikut meninggal di kandungan. Hal ini dipercaya membuat sang wanita menjadi gentayangan karena tidak ikhlas dengan apa yang sudah terjadi padanya. 

Tanda-tanda Ada Kehadiran Kuntilanak Sekitar Kalian

  1. Ini adalah cerita yang paling dipercaya kebenaranya, dimana jika kalian mendengar suara anak ayam atau burung padahal tidak ada yang memelihara ayam ataupun burung kalian boleh waspada dan memulai membaca doa. Hal ini dipercaya sebagai salah satu tanda kehadiran dari kuntilanak. Dimana jika sumber suara yang kalian dengar dekat dengan kalian berarti kuntilanak berada jauh dari kalian. Namun jika sumber suara terdengar jauh berarti kuntilanak berada didekat kalian.
  2. Jika kalian mencium wangi bunga kamboja atau melati, kemungkinan kuntilanak sedang berada di sekitar kalian. Karena dipercaya bahwa kuntilanak akan mengeluarkan wangi bunga kamboja dan melati saat dia ingin kalian menyadari kehadirannya. 

Macam-macam Kuntilanak

Jika kita menyebutkan kuntilanak, pasti kita lebih mengenal dengan sosok menyeramkan yang mengenakan dress putih. Namun ternyata kuntilanak sendiri memiliki berbagai macam loh. 

1. Kuntilanak Merah

Seperti namanya kuntilanak merah ini menggunakan dress berwarna merah, bahkan ada beberapa yang menggunakan kebaya merah. Konon katanya jika kuntilanak merah datang akan ada bau amis dan menyengat. Kuntilanak merah lebih suka menampakan dirinya kepada orang. Dengan suara melengking dan menunjukkan dirinya, untuk menakuti orang bahkan terkadang ditakuti hingga pingsan.

2. Kuntilanak Penyuka Pria

Kuntilanak ini termasuk kuntilanak yang genit dan matrealistis. Dimana ketika ada pria yang tampan namun belum memiliki pasangan biasanya akan diikuti kuntilanak ini. Atau jika sepasang suami istri sedang cekcok dan kuntilanak menyukai sang pria maka sang kuntilanak akan mengikuti pria itu terus kemanapun dia pergi. 

Bahkan terkadang kuntilanak juga menampakkan mukanya, agar dapat berinteraksi dengan sang pria.Energi yang dimiliki kuntilanak ini juga sangat besar sehingga ia dapat selalu mengganggu.

3. Kuntilanak Durmo

Berbeda dengan kuntilanak lainnya, Kuntilanak durmo datang saat seorang melantunkan tembang lingsir wengi atua durmo saat sedang bercermin. Konon katanya, mereka yang diberikan wangsit akan dikabulkan oleh kuntilanak ini. Tetapi kuntilanak ini akan meminta tumbal kepada seorang yang diberi wangsit tersebut.

Memang terkadang jika berbicara tentang hal mistis sulit untuk dijelaskan dengan akal sehat. Banyak yang berkata bahwa hal mistis hanya omong kosong, namun banyak juga yang percaya mereka-mereka ini ada dan hidup berdampingan dengan kita. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *