RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

Asal Usul Lelepah

Jika kalian tinggal di Indonesia, cerita hantu bukanlah hal yang sulit untuk ditemukan. Berbagai jenis hantu bisa kalian temukan di Indonesia, karena memang hantu merupakan cerita yang sudah menjadi bagian hidup masyarakat Indonesia. Apapun yang kalian lakukan biasanya suka dihubung-hubungkan oleh orang tua dengan cerita hantu. Ada yang berkata sebenarnya cerita hantu banyak dibuat hanya untuk menakuti-nakuti anak-anak. Namun terkadang banyak sekali kejadian di luar nalar yang sangat sulit untuk dijelaskan dengan akal sehat. Hal ini juga yang membuat orang-orang tetap percaya dengan cerita mistis yang berkembang di masyarakat.

Pada zaman dahulu, di Pulau Jawa terkenal sesosok cerita hantu yang menyeramkan. Dimana hantu ini dapat menyakiti bahkan hingga membunuh seorang manusia, nama hantu tersebut adalah Lelepah. Siapa itu Lelepah, mari kita bahas!

Sosok Lelepah

Lelepah dikenal sebagai sosok hantu yang berwujud raksasa, karena ukuran tubuhnya bisa mencapai 2 kali lebih besar dari manusia normal. Tingginya kurang lebih 3 meter, memiliki tubuh yang bulat mirip ular tetapi diameternya besar, dan lelepah juga memiliki banyak gigi taring.

Lelepah sendiri terkenal sebagai hantu yang menyukai daging mentah. Untuk para pemancing, jagalah ikan kain dengan baik-baik ketika sedang memancing. Karena dipercaya lelepah akan mencuri ikan kalian, hal ini membuat ada ungkapan lelepah pakanane iwak mentah. Oleh karena itu, orang jaman dahulu melarang seseorang untuk memakan ikan mentah karena ikan mentah dianggap sebagai makanan lelepah. Selain itu lelepah juga dikenal suka berkeliaran di dapur, untuk mencari daging mentah. Lelepah juga dikenal suka memakan daging atau darah makanan yang tidak dibersihkan bekas kelakuan manusia. 

Nah ini yang paling bikin merinding, dimana lelepah dikenal sebagai sosok jin yang menyukai daging manusia segar. Lelepah sering menelan hidup-hidup siapa saja yang tidak beruntung dan berpapasan dengannya. Namun sampai sekarang “memakan” yang dimaksud disini adalah arti memakan yang sesungguhnya atau hanya memakan roh dari korban lelepah.

Walaupun belum pernah melihat secara langsung, namun warga pada zaman dahulu sangat takut akan sosok satu ini. Ketika malam datang, warga akan menutup pintu mereka rapat-rapat. Hal ini dikarenakan warga tidak ingin menjadi salah satu korban dari hantu lelepah. Kengerian yang diberikan oleh hantu lelepah ini benar-benar sangat dirasakan karena banyak dari mereka yang akhirnya sangat menjaga diri dan keluarga agar tidak keluar pada malam hari. Berharap tidak pernah berpapasan dengan hantu yang bisa memakan mereka.

Cara Menghindari Lelepah

Cara menghindari serangan dari Lelepah konon katanya kita harus menunduk dan anggap saja tidak melihatnya. Selain cara tersebut, ada juga yang meyakini bahwa Lelepah takut dengan beberapa jenis tanaman pengusir hantu seperti bambu kuning.

Cerita hantu seperti ini biasanya akan selalu dipercaya oleh masyarakat. Namun perubahan masa juga bisa membuat sebuah cerita hantu akan perlahan lenyap. Hal ini dikarenakan semakin berkembang nya pola pikir seseorang, tak hanya itu pada zaman dahulu warga percaya akan keberadaan hantu ini karena memang yah disekitaran rumah masih banyak sekali hutan. Lokasi rumah yang masih asri dan jika malam tiba suasana juga akan menjadi sunyi sepi, masyarakat juga takut untuk beraktifitas. Penerangan yang ada juga sangat minim bahkan ada beberapa daerah yang masih harus menggunakan lampu minyak untuk menerangi rumah mereka. Sehingga hal-hal ini bisa saja benar ada keberadaanya, masih banyak makhluk-mahluk tak kasat mata yang tinggal didaerah tersebut.. Dimasa sekarang daerah-daerah sudah berkembang pesat, pemukiman sudah semakin padat, hutan-hutan sudah semakin berkurang, lampu sudah menerangi hampir di setiap sudut kota. Oleh karena itu cerita hantu seperti ini biasanya akan perlahan hilang dan digantikan dengan cerita lainnya. 

Hantu lelepah sendiri sudah semakin hilang ditelan oleh waktu, cerita menyeramkannya juga mulai terkubur. Masyarakat yang sudah modern sudah tidak percaya lagi dengan sosok ini. Ada bagusnya juga sih guys karena masyarakat jadi bisa leluasa dalam melakukan aktivitas diluar rumah tanpa harus takut bertemu dengan sosok menyeramkan satu ini. Dimasa sekarang malah manusia jauh lebih menyeramkan daripada hantu, karena manusia bisa menyakiti kita secara nyata. Setuju?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *