RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

Asal Usul Oreng Pote

Ketika kita membicarakan tentang dunia mistis, hal tersebut tidak akan pernah ada habisnya. Dimana di Indonesia masih sangat kental jika kita berbicara tentang mistis. Di Indonesia banyak sekali hantu dengan rupa dan asal usul yang berbeda, tapi terkadang ada juga loh hantu dengan wujud yang sama namun memang memiliki cerita yang berbeda. Selain itu ketika membicarakan tentang hal mistis, tidak semua orang bisa langsung menerimanya. Yah walaupun di Indonesia masih sangat kental akan hal ini, tapi masih banyak juga yang tidak bisa menerima secara logika tentang hal mistis. Dimana mereka percaya hal ini dibuat hanya untuk menakuti-nakuti anak-anak agar lebih menurut dan tidak keluar pada malam hari. Hal ini terbukti efektif karena banyak anak yang percaya akan hal ini. Karena dari kecil sudah mendapatkan asupan hal mistis, akhirnya cerita-cerita yang didapatkan pada masa kecil diceritakan terus secara turun temurun dan sulit untuk dilepaskan dari kehidupan masyarakat.

Termasuk di Pulau Bawean, pulau yang berada di sebelah utara Surabaya yang menjadi salah satu wilayah di Kabupaten Gresik dan berada di tengah-tengah laut Jawa. Di Pulau Bawean terdapat sosok hantu yang terkenal dan ditakuti oleh masyarakat yaitu hantu Oreng Pote. Mungkin belum banyak yang tahu tentang hantu Oreng Pote, namun di Pulau Bawean hantu ini sangat disegani. 

Siapa Hantu Oreng Pote?

Menurut masyarakat Pulau Bawean hantu oreng pote memiliki bentuk fisik seperti manusia, namun memiliki kulit pucat pasi seperti mayat. Masyarakat juga meyakini bahwa hantu oreng pote merupakan arwah dari jelmaan salah seorang penjajah yang tewas di Pulau Bawean akibat dari penyiksaan. Selain itu ada yang berkata bahwa hantu oreng pote berjalan dengan muka yang penuh akan dendam dan hal ini membuat masyarakat semakin takut terhadap hantu ini. Karena dendam yang iya bawa bisa saja membuat hantu oreng pote menjadi marah kepada orang yang ia temui.

Hantu Oreng Pote Yang Menyeramkan

Masyarakat Pulau Bawean juga meyakini bahwa hantu oreng pote ini membawa petaka bagi siapa saja yang melihatnya. Kepercayaan ini adalah hal yang dipercaya mendarah daging oleh masyarakat Pulau Bawean. Ketika kalian melihat hantu oreng pote, bencana akan menghampiri bukan hanya kepada kalian sendiri namun orang-orang yang tinggal disekitar kalian juga akan mengalami bencana tersebut. Maka dari itu, jika ada masyarakat yang memberikan kesaksian bahwa telah melihat hantu oreng pote warga sekitar akan mulai gelisah dan ketakutan. Berharap malapetaka itu tidak akan datang menghampiri mereka.

Malapetaka yang mereka akan dapati adalah terkena penyakit aneh, usaha hancur hingga kematian tiba-tiba. Untuk menghindari hal ini masyarakat Pulau Bawean mengadakan ritual atau menutup rumah jika malam sudah tiba. Atau terus membunyikan peralatan dapur secara terus menerus hingga mereka yakin keadaan sudah aman. Hal inilah yang membuktikan bahwa seberapa takutnya masyarakat akan kehadiran hantu oreng pote.

Sampai sekarang tidak ada yang tahu bagaimana pastinya asal usul hantu oreng pote. Bahkan bentuknya sendiri belum ada yang bisa memastikannya. Karena cerita hantu oreng pote sendiri merupakan cerita yang sudah diceritakan secara turun temurun. Hal ini membuat cerita tentang oreng pote menjadi sangat melekat dengan keseharian masyarakat di Pulau Bawean. Apa lagi untuk orang-orang yang sudah lanjut usia dan masih belum terbuka dengan dunia luar, hal ini masih mereka percayai dan menjadi momok yang menyeramkan.

Walaupun memiliki cerita yang mengerikan dan bagi siapa saja yang melihat nya akan mengalami nasib naas banyak dari pecinta dunia gaib yang mencari tahu serta meneliti lebih jauh tentang kebenaran dan keberadaan hantu oreng pote.

Seperti yang kita ketahui jika kita menggunakan logika untuk mempercayai dunia mistis, itu adalah hal yang sangat sulit dilakukan. Walaupun demikian banyak juga dari mereka yang sangat menikmati dunia mistis seperti ini. Banyak yang mempercayai bahwa hantu oreng pote dan teror nya benar adanya. Namun banyak juga yang menyangkal bahwa hal ini tidak mungkin ada. Apa lagi semua hanya berasal dari katanya saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *