RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

Asal Usul Palasik

Membahas soal mistis memang tidak akan pernah ada habisnya. Banyak sekali cerita mistis di daerah yang tidak banyak orang ketahui. Terkadang hantu antara daerah memiliki kemiripan namun memiliki nama yang berbeda. Salah satunya adalah hantu Palasik dimana ciri-ciri hantu ini sangat mirip dengan hantu kuyang. Dimana hantu ini berbentuk kepala manusia dengan organ dalam yang terurai keluar.

Palasik ini menjadi legenda turun temurun yang ada di Minangkabau. Banyak warga yang percaya akan kehadiran hantu palasik. Namun warga mempercayai bahwa sebenarnya palasik bukanlah hantu melainkan seseorang yang memiliki ilmu hitam yang tinggi. 

Asal Usul

Seperti yang sudah dibahas di atas bahwa palasik ini merupakan seseorang yang sudah memiliki ilmu hitam tingkat tinggi. Namun dipercaya juga, ilmu ini merupakan ilmu hitam yang didapatkan secara turun temurun. Jadi jika orang tuanya memiliki ilmu hitam, ilmu ini akan diturunkan kepada anaknya hingga generasi ketujuh. 

Penampakan palasik berupa kepala beserta usus, lambung, dan organ lainnya yang terlepas dari tubuhnya. Dipercaya bahwa kepalanya melayang-layang dan badanya pergi untuk mencari makan. Karena memiliki bentuk yang menyeramkan, banyak masyarakat yang percaya bahwa palasik merupakan hantu. Selain itu untuk konon katanya ciri-ciri dari orang yang memiliki ilmu palasik adalah tidak memiliki parit di antara hidung dan bibirnya.

Macam-macam Dari palasik

Warga Minang yang percaya akan palasik mengatakan bahwa palasik terbagi menjadi tiga, dimana palasik ini dibagi dengan apa yang mereka makan. Walaupun sama-sama makan bayi atau anak, tetapi kondisi anak itulah yang membedakannya. berikut tiga macam palasik;

  1. Palasik yang memakan bayi dalam kandungan. Jenis ini yang paling ditakuti oleh para ibu-ibu, maka dari itu ketika hamil mereka harus benar-benar menjaga kandungannya agar tidak dimakan oleh palasik.
  2. Palasik yang menghisap darah dari bayi atau balita. Dipercaya juga bayi yang menjadi target atau yang sudah dihisap oleh palasik akan mendapatkan penyakit anak.
  3. Palasik memakan jasad para bayi atau anak yang sudah dikuburkan.

Cerita Palasik Di Minangkabau

Bagi ibu-ibu Minangkabau, palasik ini benar-benar meresahkan sekaligus mengerikan. Apalagi untuk ibu-ibu yang hamil dan memiliki bayi atau balita. Bayi atau balita yang sedang dimangsa palasik sebenarnya tak serta-merta meninggal. Sebelum menghembuskan nafas terakhir mereka akan mengalami sebuah penyakit yang dinamakan penyakit ‘Ain.

Ciri-ciri bayi atau balita yang sedang dimangsa oleh palasik adalah dengan suhu badan semakin tinggi. Karena demam ini membuat bayi akan sangat sulit untuk tidur dan tidak tenang serta sulit untuk ditenangkan.

Ketika sudah parah, bayi akan semakin lemas, ubun-ubun atau ujung kepala bayi akan terlihat cekung. Bayi akan semakin kurus dan hal ini bisa menyebabkan kematian. 

Penangkal Palasik

  1. Menurut kepercayaan sebenarnya kita bisa menangkal palasik ini untuk mendekat atau seperti membuat perisai. Dipercaya dengan membawa jimat yang berisi kunyit, cengkeh, merica hitam, bawang putih, buah pala, dan pinang sinawi dapat membuat palasik tidak akan berani mendekat. 
  2. Cara kedua ini membutuhkan keberanian dari kalian, jika kalian sedang berjalan dan tak sengaja bertemu dengan palasik kalian harus melakukan ini. Mendekatlah ke palasik dan katakan “Ini Cucumu” atau “Ini Anakmu”. Hal ini dipercaya akan membuat palasik mengurungkan niatnya untuk menjadikan anak kita sebagai sasarannya. 

Walaupun cara-cara ini belum bisa dipastikan kebenarannya, jauh lebih baik untuk ibu hamil atau yang memiliki balita untuk tidak keluar pada malam hari. 

Sebenarnya hal yang ditakutkan adalah seperti yang dibahas di atas bahwa ilmu ini dapat diturunkan hingga keturunan ketujuh. Biasanya mereka akan menikahi sesama yang memiliki ilmu palasik ini, karena mereka termasuk tertutup. Namun jika mereka menikahi manusia biasa, makan keturunan yang dihasilkan akan memiliki ilmu yang lebih lemah karena sudah memiliki darah campuran.

Untuk kebenarannya masih menjadi perdebatan di kalangan masyarakat, apakah palasik benar ada atau hanya cerita belaka. Percaya atau tidak semua dikembalikan ke pribadi masing-masing. Namun bagi ibu-ibu yang tinggal di Minangkabau, hantu palasik ini menjadi momok menyeramkan yang selalu menghantui mereka. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *