RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

Asal Usul Pocong

Layaknya manusia, hantu juga memiliki popularitasnya sendiri. Ada beberapa hantu yang jika disebutkan namanya pasti seluruh masyarakat Indonesia akan langsung mengetahui bagaimana bentuk dari hantu ini. Tidak heran karena hantu-hantu ini sering sekali disebutkan ketika ada penampakan, sering juga hantu-hantu populer ini dibuatkan film sehingga semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Salah satu hantu terpopuler yang akan kita bahas sekarang adalah Pocong. Kalian pasti tahu dong hantu satu ini, karena memang pocong sudah menjadi hantu populer yang mungkin anak kecil pun tahu tentang hantu satu ini. Bahkan di Malaysia sendiri memiliki hantu yang wujudnya sama persis dengan pocong, namun di Malaysia hantu ini bernama hantu Bungkus. Walaupun sudah menjadi hantu yang populer, pasti banyak dari kalian yang belum tahu tentang asal usul pocong kan? Ayo kita bahas singkat tentang pocong.

Asal Usul Pocong

Banyak yang berkata bahwa pocong adalah arwah gentayangan yang terperangkap dalam kain kafan. Menurut mitos yang beredar, jiwa orang yang sudah meninggal akan tinggal di bumi selama 40 hari setelah kematian. Jika ikatan kain kafan tidak dilepaskan setelah 40 hari, tubuh dikatakan melompat keluar dari kubur untuk memperingatkan orang-orang bahwa jiwa mereka perlu dilepaskan. Setelah ikatan dilepaskan, jiwa akan benar-benar meninggalkan Bumi.

Penampakan Wujud Pocong

Penampakan pocong berawal dari asap yang muncul tepat di tengah-tengah pusar kuburannya. Lalu, asap itu akan menjadi makhluk kecil yang lompat-lompat dari tengah kuburannya ke arah kakinya, kemudian dia melompat lagi ke arah kepalanya, kali ini menjadi makhluk yang sedang seperti bayi besarnya.

Selanjutnya ia akan melompat ke sisi di sebelah baratnya, lalu sempurnalah wujud pocong tersebut. Kemudian pocong akan berkeliling kuburannya sebanyak satu kali, meski kondisi kaki terikat namun pocong masih bisa berjalan dengan kaki terikat.

Setelah menjadi sosok pocong yang sempurna, ia akan terbang melayang-layang untuk menakuti manusia. Bola matanya terlihat seperti mau keluar, tidak ada alis ataupun daging kulitnya. Jadi, sebenarnya pocong merupakan perwujudan makhluk halus dan bukan berasal dari arwah orang yang sudah meninggal.

Ada versi lain yang berkata bahwa pocong yang gentayangan memiliki wajah gosong dengan mata yang menyala. Versi lain menyatakan, pocong berwajah “rata” dan memiliki lubang mata berongga atau tertutup kapas dengan wajah putih pucat. 

Sebenarnya pocong yang keluar dari kuburan ingin meminta bantuan dan memperingatkan orang-orang yang melihatnya bahwa pocong membutuhkan bantuan untuk dilepaskan tali pocongnya.  Selain itu ada yang berkata bahwa pocong tidak dapat melompat, namun pocong melayang. Karena di film-film lebih sering menunjukkan bahwa pocong itu melompat akhirnya hal itu menjadi salah satu ciri khas yang sangat melekat pada pocong. 

Pocong Merah

Selain pocong yang seperti dikenal oleh masyarakat luas, ada juga loh pocong merah. Yah dari namanya saja kita pasti sudah tahu bahwa pocong satu ini adalah pocong dengan ciri khas kain kafannya yang berwarna merah.Yang diyakini warna merah ini didapatkan dari rasa marah dan dendam sebelum orang tersebut meninggal, amarah dan dendamnya ini bawa hingga mati. Pocong merah lebih ditakuti karena katanya pocong merah memiliki sifat yang jauh lebih agresif dan tidak terduga. Dipercaya kematian dari pocong merah ini tidak menyenangkan, membuatnya lebih mirip dengan roh pendendam yang sering ditemukan di banyak cerita rakyat. Karena rasa dendamnya inilah pocong merah dipercaya lahir kembali untuk membalaskan dendamnya. 

Nah itu dia guys sedikit tentang pocong, hantu pocong ini sendiri termasuk salah satu hantu yang banyak sekali video tentang penampakan wujudnya. Walaupun yah kita gak tahu juga apakah video itu benar atau hanya rekayasa, namun yah pocong memang sudah menjadi bagian cerita mistis yang berkembang di Indonesia. Walaupun sudah abad 21 namun pocong masih menjadi salah satu hantu yang ditakuti oleh masyarakat luas. Kalau kalian para pembaca? Apakah ada pengalaman bertemu dengan hantu populer satu ini? Kalau ada jangan lupa share cerita kalian yah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *