RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

Asal Usul Welthok

Banyak sekali legenda yang berkembang di masyarakat Indonesia. Legenda-legenda ini sebenarnya banyak juga yang tidak bisa dicari kebenarannya, karena memang kebanyakan cerita ini merupakan sebuah cerita yang sudah diceritakan secara turun temurun. Percaya atau tidak dengan cerita tersebut semua dikembalikan ke individu masing-masing. Hal ini tidak bisa dipaksakan karena perkembangan zaman semakin membuat orang-orang mulai melupakan atau meninggalkan legenda yang dianggap hanya omong kosong. 

Walaupun demikian banyak juga yang masih percaya akan kebenaran cerita tersebut. Legenda yang seru untuk dibahas adalah legenda tentang hantu. Banyak sekali cerita hantu yang beredar di masyarakat dan dipercaya akan keberadaannya. Kesaksian-kesaksian orang pada zaman dahulu yang semakin memperkuat tentang cerita tersebut. Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhinya, pada zaman dahulu untuk mendapatkan sebuah informasi tidak semudah pada jaman sekarang. Cerita dari mulut ke mulut sebenarnya adalah cara tercepat sebuah cerita bisa tersebar pada zaman dahulu. Selain itu kondisi tempat tinggal yang masih tak seramai sekarang, semakin membuat cerita tersebut dipercaya oleh banyak orang. 

Salah satu cerita hantu yang masih ada namun sudah mulai dilupakan oleh banyak orang adalah tentang Hantu Welthok. Setelah kalian mendengar namanya, mungkin hampir sebagian besar dari kalian tidak akan mengenal sosok mistis satu ini.

Hantu Welthok merupakan hantu yang berasal dari Surabaya, Walau demikian warga Surabaya sendiri mungkin tidak mengenal sosok satu ini. Karena memang hantu welthok bukanlah hantu yang memiliki popularitas seperti kuntilanak. Hantu welthok hanya dikenal oleh segelintir orang.

Hantu welthok sendiri merupakan sosok hantu yang bersemayam di tepian sungai. Konon ceritanya hantu satu ini sangat senang berjalan-jalan di tepian sungai yang ada di Surabaya. Sebenarnya hantu welthok memiliki tujuan mengapa dia sangat menyukai untuk berjalan di tepian sungai yaitu untuk mencari udang. Mungkin terdengar aneh namun udang memang salah satu hal yang paling disukai oleh hantu welthok. Udang-udang yang sudah berhasil dikumpulkan kemudian akan dibakar, namun bukan dibakar menggunakan kayu yah tetapi menggunakan api yang ada di kepalanya. 

Yah hantu welthok ini memiliki api di kepalanya. Menurut ceritanya hantu welthok ini merupakan sosok anak kecil yang memiliki kepala dengan tengkorak setengah yang berbentuk seperti sebuah mangkuk, di dalam tengkorak tersebut berisi api yang menyala. Fungsi dari api tersebut adalah untuk membakar apa yang ia temui seperti udang contohnya. Karena inilah orang tua yang tinggal di dekat sungai selalu berpesan kepada anak-anaknya untuk tidak bermain di dekat sungai hingga malam. Karena orang tua takut jika nasib sial datang dan akan berjumpa dengan hantu satu ini.

Sebenarnya hantu welthok ini bukanlah tipe hantu yang suka mengganggu atau dapat membahayakan seseorang. Namun dipercaya hantu welthok ini akan mengikuti orang yang bertemu dengannya. Selain itu rupanya yang tergolong menyeramkan juga bisa membuat siapa saja akan takut dan menjadi mimpi buruk.

Walaupun sangat menyukai berjalan di sekitar sungai, hantu welthok ini tidak tinggal di sungai loh. Hantu welthok dipercaya tinggal di hutan sekitaran sungai yang akan keluar dari sarangnya ketika pergantian dari siang ke malam. Selain itu hantu welthok juga tidak akan berlama-lama di tepian sungai. Hantu welthok akan meninggalkan sungai ketika tengkoraknya sudah penuh dengan tangkapannya. Setelah itu hantu welthok akan menghilang tidak tahu kemana, 

Mungkin banyak yang tidak yakin akan kebenaran dari hantu welthok, namun hantu satu ini memang sudah menjadi sebuah legenda yang sudah dipercaya orang dari jaman dahulu. Untuk kebenaranya pun sudah sulit untuk dibuktikan, karena memang sekarang sudah banyak sekali hutan yang dialih fungsikan sebagai tempat tinggal. Dan makin banyak anak muda yang sudah tidak percaya lagi dengan cerita-cerita seperti ini. Kebanyakan dari mereka berpikir bahwa cerita seperti ini hanya dibuat untuk menakuti anak-anak agar lebih menurut kepada orang tua. Bagaimana menurut kalian? Apakah cerita ini hanya karangan orang tua atau kehadiran dari sosok hantu welthok benar adanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *