RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

Film Horor Inang 2022 – Rabu Wekasan yang Membawa Petaka

Perkembangan film Indonesia stiap tahunnya semain berkemabng dan mulai menunjukkan kemajuan. Tidak hanya mengandalkan cerita nakal dan menggunakan arti dengan penampilan seksi. Film horor Indonesia sekarang bisa dibilang mengangkat tema yang lebih bervariatif dan tidak hanya mengandalkan hantu yang udah template dan sering digunakan oleh kebanyakan film Indonesia. 

Salah satu film yang bisa kalian pilih dengan tema yang unik adalah Inang. Film Inang tayang di bioskop pada 13 Oktober 2022. Film horor yang digarap oleh Fajar Nugros ini mendapatkan respon yang cukup baik, karena berhasil meraup penonton sebanyak 800 ribu lebih. Selain itu penilaian di IMDB untuk kategori horor juga termasuk baik, karena berhasil meraih 6.6 / 10. Film Inang dibintangi oleh aktor dan aktris papan atas seperti Naysila Mirdad,Lydia Kandou, Dimas Anggara.

Jika kalian ingin menonton Film Inang, review dibawah ini cocok untuk kalian.

Sinopsis

Film Inang mengisahkan tentang seorang perempuan muda yang hamil di luar nikah yang berusaha untuk survive atau berjuang untuk hidup. Wulan, seorang kasir supermarket ditinggalkan pacarnya setelah ia mengetahui dirinya hamil.   

Kendati demikian, Wulan enggan menggugurkan kandungannya, sehingga membuatnya harus bertanggung jawab sendiri atas kandungannya. Karena kurangnya wawasan, Wulan mencari solusi masalah kehamilannya secara online.

Usaha pencarian Wulan membawanya ke sebuah grup media sosial yang mengaku sebagai kelompok relawan pro-life yang fokus membantu ibu hamil yang mengalami situasi kurang beruntung.

Ia bertemu dengan keluarga Santoso yang bersedia menawarkan Wulan tempat tinggal dan mengurus kesehatannya. Dengan perutnya yang semakin membesar, Wulan dirawat oleh bu Eva Santoso dan pak Agus Santoso.

Namun perlahan, ia tak lagi merasakan ketenangan di rumah keluarga Santoso. Ia diminta melakukan ruwatan atau pembersihan, sebab bayi Wulan akan lahir pada hari Rebo Wekasan atau hari Rabu terakhir bulan Safar.

Sejak melakukan ritual, Wulan selalu terbangun dari tidurnya dengan wajah pucat pasi dan ketakutan. Ia selalu dihantui mimpi akan adanya kekuatan jahat yang ingin mengambil alih kehidupan bayinya.

Ada kepercayaan bahwa bayi yang akan lahir di Rebo Wekasan harus melakukan ritual tolak bala, agar bayi terhindar dari kesialan dan tak membawa petaka dalam hidupnya. Mitos mengatakan, setiap orang yang lahir pada hari itu harus menghadapi nasib sial sepanjang hidup mereka.

Kelebihan dan Kekurangan Film Inang (2022)

1. Jalan Cerita

Di dalam film Inang ini kalian akan merasakan unsur Jawa yang kental, seperti kepercayaan terhadap Primbon Jawa. Salah satu hari terburuk dan tersial sepanjang tahun yang dipercayai adalah Rebo Wekasan.Dimana di dalam film Inang menceritakan tentang cerita horor yang bertema sekte yang lekat dengan budaya Jawa.

Walaupun film Inang bisa dikategorikan sebagai film horor yang mengangkat tema yang berbeda, namun sayangnya pengemasan alur ceritanya tergolong lamban. Hal ini akan membuat para penontonnya menjadi bosan. Selain itu jalan cerita nya juga terlalu berputar-putar seperti sang penulis ingin para penonton lebih mengenal dengan karakter yang ada di dalam film.

Tidak sampai disitu, pembangunan konflik juga terasa lamban. Dimana banyak adegan yang tidak perlu dimasukkan ke dalam adegan. Malah ada beberapa adegan yang membuat kita para penonton bingung dan hingga akhir film tidak berhasil menemukan jawabannya.

2. Akting Para Pemain

Walaupun memiliki jalan cerita yang lambat dan membosankan, namun sepertinya tujuan sang penulis berhasil. Dimana penokohan para pemain terasa pas dan cocok. Tokoh utama Wulan yang diperankan oleh Naysila Mirdad membuat siapa saja yang menonton akan ikut peduli dan ada rasa ingin melindunginya. 

Para pemain yang ada di dalam film Inang ini juga memiliki kualitas yang baik dan totalitas. Mereka berhasil membangun karakter mereka dan memainkan perasaan para penonton. 

Walaupun ada adegan yang tergolong aneh, seperti makian dalam bahasa inggris yang bisa dibilang tidak cocok.

3. Hantu di Film Inang

Jika kalian mengharapkan hantu dengan sosok yang menyeramkan, di film Inang ini kalian tidak akan menemukannya. Bisa dibilang film Inang berhasil membangun kengerian dan suasana menyeramkan tanpa harus menunjukkan sosok hantu seram.

Jumpscare di dalam film ini juga tergolong minim penempatan jumpscarenya termasuk baik dan pas, sehingga berhasil membuat kalian kaget dan merasakan kengerian. 

Namun di dalam film Inang terdapat adegan Gore atau adegan berdarah yang akan membuat kalian bergidik ngeri. 

Di dalam film Inang ini kalian diajarkan bahwasannya manusia jauh lebih mengerikan dibandingkan para makhluk tak kasat mata. Selain itu kalian para penonton diajak menyaksikan bagaimana seorang wanita menjaga kendali terhadap tubuhnya sendiri. 

Jadi jangan ragu untuk menonton film ini, walaupun memiliki jalan cerita yang lamban. Namun kalian akan disuguhkan tema yang berbeda dari film-film horor yang pernah tayang di Indonesia. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *