RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

Film IT Asli Sebenarnya Sangat Mengerikan

Miniseri TV IT 1990 yang asli dianggap sebagai film horor klasik. Dengan pembuatan ulang hampir di sini, saatnya untuk mengakui itu sebenarnya sangat buruk.

Dunia bersiap-siap untuk kembali ke Derry, Maine dan sekali lagi mengalami teror Pennywise yang tak terkendali di TI. Namun, mereka yang bersemangat untuk tamasya horor Musim Gugur prestise Warner Bros akan bijaksana untuk menghindari meninjau kembali film TV 1990 berdasarkan novel Stephen King yang sama dalam persiapan; jika Anda mengejar perahu kertas itu, Anda akan kecewa.

IT secara luas dianggap sebagai salah satu cerita paling menakutkan yang pernah ditulis King, dan penilaian itu sulit untuk tidak disetujui. Kisahnya tentang sekelompok teman terbuang yang melawan roh jahat yang tinggal di bawah kota masa kecil mereka tidak hanya memanfaatkan ketakutan bawaan banyak orang terhadap badut, menyoroti ancaman yang tidak diketahui yang ada di balik senyum yang dibuat-buat, tetapi juga menyelidiki semua ketakutan mendasar masa kanak-kanak. dan menunjukkan bagaimana mereka masih bisa bermanifestasi di kemudian hari. Dikatakan bahwa Pennywise the Clown telah menjadi salah satu kreasi horornya yang paling mencolok.

Film TV sering dilipat ke dalam pujian ini. Diceritakan dalam dua bagian yang ditayangkan pada bulan November tahun 1990, miniseri ini membawa ide dasar ke layar dalam apa yang sekarang biasa dikumpulkan sebagai fitur tiga jam. Hari ini, itu diperlakukan sebagai beberapa tengara dalam kengerian. Faktanya, ini sangat meresap dalam budaya pop sehingga banyak yang menganggap film Andy Muschietti sebagai remake.

Terkait: 15 Hal yang Tidak Anda Ketahui Tentang Miniseri TI
Tetapi tidak hanya rilis baru ini benar-benar merupakan adaptasi ulang, penggunaan kata “remake” entah bagaimana menyiratkan bahwa “asli” sama sekali tidak tersentuh atau definitif sebagai sumbernya. Pada kenyataannya, film IT TV adalah bagian melodrama yang agak buruk yang sama sekali biasa-biasa saja selain inspirasinya yang mengesankan. Kami telah merasakan hal ini untuk waktu yang lama, tetapi sekarang yang asli hanya di atas cakrawala, sepertinya waktu yang tepat untuk turun ke selokan dan mencari tahu alasannya.

Mengapa IT (1990) Tidak Berfungsi

Oke, kita harus adil. Ada satu bagian dari film yang tidak hanya berfungsi, tetapi juga mengapung: Tim Curry sebagai Pennywise (jelas). Berikut adalah aktor bernama dengan beberapa film besar (walaupun sebagian besar klasik kultus pada saat ini dalam karirnya) di bawah ikat pinggang slumming itu di TV baik dua dekade sebelum menjadi media saingan yang tepat, dan itu menunjukkan bakat. Terutama di babak pertama senyum gila dan tindakannya yang tidak sinkron membuat gugup; seluruh gagasan “mengambang” tidak akan menjadi ikon tanpa dia. Tentu, sebagian besar ancaman terletak pada riasan, tetapi ini adalah giliran yang menyenangkan. Dan karena dia seorang badut, momen-momen perkemahan konyol apa pun – yang jumlahnya banyak – agak dapat dimaafkan (itu juga berarti Bill SkarsgÃ¥rd memiliki kelonggaran untuk menjalankannya dengan bersih dan menyeramkan di versi baru).

Tapi Pennywise hanyalah salah satu bagian dari IT – baik dari segi film dan manifestasi fisik roh eponim. Ketika Curry tidak secara eksplisit di layar, film tidak memiliki ancaman nyata.

Paruh pertama sangat banyak diskon Stand By Me. Jelas beberapa di antaranya melekat pada sumbernya, mengikuti sekelompok anak-anak pra-remaja dalam petualangan yang mengubah hidup yang nantinya akan membentuk tulang punggung kehidupan dewasa mereka, tetapi Tommy Lee Wallace tampaknya mendasarkan pendekatannya dari film Rob Reiner – yang baru berusia empat tahun dan dengan demikian merupakan batu ujian adaptasi Raja utama saat ini ditayangkan. Meskipun turunan (dan tidak sehebat ahlinya), itu setidaknya mengangkat sisa cerita yang agak mendasar dan memberikan rasa rekolektif bahkan sebelum kita sampai ke bagian dewasa.

Yang patut dipuji karena paruh kedua orang dewasa itu benar-benar buruk. Aktor dewasa sejelas diri mereka yang lebih muda dan tidak bisa menjual ketakutan sama sekali. Ketika kita mendapatkan padanan dari Richard Dreyfuss yang menulis memoarnya (dalam hal ini Richard Thomas dan Olivia Hussey mengendarai sepeda) rasanya terbentang untuk mengatakan bahwa kita benar-benar melihat sebuah cerita lengkap bersatu.

Namun, kesalahan besar adalah pada akhirnya. Yaitu, mereka memperlakukan buku itu terlalu serius, mengarahkan mengangkat bentuk sebenarnya dari laba-laba jahat raksasa dan mewujudkannya dengan efek visual yang tumpul (sesuatu yang bahkan tidak disukai Curry). Seorang pria dengan riasan badut bisa menakutkan dan dicapai dengan anggaran TV. Monster antar dimensi tidak bisa.

Dan itulah masalah utama TI – itu benar-benar agak murah. Tentu saja, segala sesuatu yang begitu statis berasal dari fakta bahwa ini adalah miniseri 1990, tetapi penghiburan hanya sejauh ini; ketika kita mendiskusikan apakah sesuatu layak untuk dikunjungi kembali dengan anggaran besar 27 tahun kemudian, masih banyak yang tersisa.

Jadi Mengapa Miniseri IT Begitu Dipuji?

Dengan tata letak itu, aneh film ini mendapatkan reputasi seperti itu. Tentu saja, ada beberapa aspek kontekstual yang mendukungnya. Ketenaran buku King, kekuatan cerita inti dan posisi miniseri dalam evolusi TV yang menantang (itu ditayangkan hanya enam bulan setelah Twin Peaks memulai tahap awal Zaman Keemasan dan tidak seperti kebanyakan genre sebelumnya) benar-benar memberikan bobot. Meskipun tak satu pun dari poin-poin itu memiliki nostalgia.

Jelas IT dimainkan untuk pemirsa dewasa, tetapi pemeran anak bagian pertama membuatnya lebih mudah diakses oleh pemirsa yang lebih muda daripada tarif horor tradisional baik saat pertama kali ditayangkan maupun di tahun-tahun berikutnya; dan Anda dapat bertaruh bahwa semua kesalahan pembuatan film dan struktural akan dilupakan dengan mengingat momen-momen ketakutan murni yang dilihat melalui mata yang segar. Ini adalah pengalaman horor awal untuk seluruh generasi, generasi yang sekarang berada di garis depan pelaporan budaya. Efek formatif dari Pennywise yang menjerat Georgie dan muncul di saluran pembuangan kamar mandi menggantikan yang lainnya.

Itu anggapan, tentu saja, tetapi bukan tanpa bukti penting. Bulan lalu, Andy Muschietti, sutradara film baru, mengungkapkan bahwa dia tidak peduli dengan film aslinya dan mengutip kurangnya kenangan masa kecil dan pengenalan cerita melalui novel. Orang yang “memperbarui” film ini sepenuhnya menyadari kehadirannya yang meningkat dalam budaya: itu seharusnya memberi tahu kita segalanya.

IT (1990) telah bertahan lama pada perbandingan terbatas dan kenangan nostalgia. Sekarang ada versi baru untuk menawarkan sesuatu (semoga) semuanya lebih halus dan menakutkan, mungkin kita akhirnya bisa beralih dari satu kinerja bagus yang terjebak dalam kerja keras tiga jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *