RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

Ini Dia 5 Keris Pusaka Sakti Yang Terdapat Di Indonesia

Keris termasuk salah satu peninggalan berharga yang sangat berarti bagi masyarakat Indonesia, bahkan UNESCO pun mengakui keris sebagai salah satu warisan dunia.Pada zaman dahulu banyak orang penting yang membuat keris sebagai senjata yang digunakan untuk berperang. Bahkan setiap pembuatan keris memiliki sejarah yang berbeda. Tidak hanya sebagai senjata, bahkan keris sendiri sering digunakan sebagai media dalam menggunakan ritual. Hal ini dikarenakan banyak yang percaya bahwa keris memiliki kekuatan dan energinya masing-masing. 

Pada zaman sekarang keris banyak digunakan hanya sebagai hiasan atau untuk melengkapi sebuah pakaian adat seperti adat Jawa. Banyak keris-keris bersejarah yang disimpan di museum agar tetap terjaga keasliannya. Namun sampai sekarang, keris masih dianggap sebagai benda yang memiliki kekuatan dan energi yang terkandung di dalam nya. Banyak para kolektor berlomba-lomba, bahkan rela menghabiskan banyak uang hanya demi mendapatkan keris yang diinginkan. 

Namun ternyata ada loh 5 keris pusaka yang dianggap sebagai keris paling kuat atau keris yang sakti yang terdapat di Indonesia. Penasaran? Mari kita bahas ke 5 keris tersebut.

1. Keris Mpu Gandring

Salah satu keris yang paling menjadi banyak incaran adalah Keris Mpu Gandring. Keris Mpu Gandring merupakan keris yang dibuat oleh pandai besi yang memiliki kesaktian atas permintaan dari Ken Arok. Setelah selesai keris tersebut memiliki bentuk yang indah dan kekuatan supranatural yang sangat mumpuni. Namun sayang, alih-alih mengucapkan terima kasih Ken Arok malah menusukkan keris tersebut kepada Mpu Gandring. Di dalam keadaan sekarat Mpu Gandring yang marah kemudian mengeluarkan kutukan, bahwa keris tersebut akan menghabisi keturunan Ken Arok Hingga 7 turunan. Dan benar saja, keris satu ini sudah memakan banyak korban dari kalangan Kerajaan Singasari. 

2. Keris Naga Sasra dan Sabuk Inten

Salah satu peninggalan Raja Majapahit adalah Keris Pusaka Nagasasra dan Sabuk Inten. Dimana keris Pusaka Nagasasra merupakan keris dengan luk tiga belas, namun ada juga loh yang memiliki luk 9 dan 11. Sehingga ketika kalian harus menyebutkan jumlah luk nya agar tidak salah.

Keris Nagasasra yang memiliki kualitas baik setiap bilah nya akan diberi kinatah emas dan biasanya pemberian emas ini sudah dirancang oleh sang empu sejak awal pembuatan. Dan memasuki tahap akhir, sang empu akan membuat kinatah sesuai rancangan. Bagian-bagian yang akan dipasang emas diberi alur khusus berupa pamor (tempat pemasangan kedudukan emas) dan ketika selesai maka dilanjutkan dengan menempelkan emas oleh pandai emas dari dalam kerajaan. 

3. Keris Kyai Setan Kober

Untuk keris satu ini dari namanya saja sudah menyeramkan yah. Sejarah dibalik terciptanya keris ini juga tergolong menyeramkan dan penuh perjuangan. Dimana Keris kyai Setan Kober merupakan keris yang dimiliki oleh Adipati JIpang, Arya Penangsang. Keris satu ini digunakan ketika melakukan perang saat melawan Sutawijaya.

Tombak dari Kyai Pleret yang digunakan oleh Sutawijaya, mengenai lambung Aya Penangsang hingga ususnya terburai. Dengan kondisinya yang seperti itu, Arya dengan sigap menyangkutkan uraian usunya pada rangka atau sarung hulu keris yang terselip di pinggangnya kemudian kembali berperang.

Setelah itu, Sutawijaya terdesak hebat dan Arya Penangsang tidak menyia-nyiakan kesempatan itu dengan menuntaskan perang tanding dengan mencabut keris dari dalam warangka atau ngliga keris (menghunus), dan tanpa sadar bahwa wilah(an) atau mata keris Kyai Setan Kober langsung memotong ususnya yang disangkutkan di bagian wrangkanya. Ia tewas seketika.

Melihat kegigihan dan gagah nya Arya Penangsang membuat Sutawijaya terkesan dengan usus yang sudah terburai menyangkut pada hulu kerisnya. Kemudian Sutawijaya memberi pesan kepada anak laki-lakinya, agar kelak jika sudah menikah harus menurut Arya Penangsang. Kemudian usus Arya Penangsang yang terburai digantikan dengan rangkaian ronce bunga melati dengan begitu, pengantin pria akan tampak lebih gagah. Tradisi ini bahkan tetap digunakan hingga saat ini.

4. Condong Campur

Salah satu keris pusaka milik kerajaan Majapahit adalah Condong Campur atau yang terkenal dengan nama Kanjeng Kyai Condong Campur, yang banyak disebut dalam legenda dan folklor. 

Diceritakan bahwa, pusaka Condong Campur dibuat secara beramai-ramai oleh seratus orang mpu. Sedangkan untuk bahan baku diambil dari berbagai tempat. Akhirnya keris ini menjadi keris pusaka yang sangat ampuh namun sayang keris Condong Campur memiliki watak yang jahat.

5. Keris Taming Sari

Menurut ceritanya pemilik pertama Keris Taming Sari adalah seorang pendekar atau hulubalang yang berasal dari kerajaan Majapahit bernama Taming Sari. Sayang nya Taming Sari harus merelakan keris yang ia miliki berpindah tangan. Taming Sari mengalami hal mengenaskan karena kalah duel keris dengan Hang Tuah yang membuat dirinya harus kehilangan nyawa dan kerisnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *