RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

Ini Dia Bulan Terbaik Dan Terburuk Bagi Kalian Yang Ingin Mengadakan Pernikahan

Pernikahan adalah momen sakral dan diharapkan hanya terjadi sekali seumur hidup oleh setiap pasangan. Pernikahan bukan lah hal mudah yang bisa dipersiapkan dalam satu hari. Banyak hal yang harus dipersiapkan, agar di hari bahagia tersebut semua dapat terlaksana dengan baik. Salah satu hal yang paling penting dan sulit sekali untuk di dua[alam adalah hari pernikahan. Ada yang meminta bantuan para tetua untuk bisa mencarikan bulan terbaik dalam menggelar pernikahan. Bagi para tetua Jawa Primbon Jawa banyak digunakan untuk menentukan hari baik untuk acara sakral.

Untuk menentukan bulan yang baik, banyak yang menggunakan Kitab Primbon Bataljemur yang ditulis oleh Kanjeng Pangeran Harya Tjakraningrat. Dimana di dalam kitab tersebut tertulis bahwa, sebuah bulan pernikahan sangat berpengaruh dengan nasib dari keluarga yang akan kalian bina nanti.

Menurut sejarah Kitab Primbon Bataljemur ini merupakan sebuah kitab induk yang sering digunakan oleh kerajaan Jawa. Karena kemujarabannya membuat kitab satu ni masih digunakan hinggakan sekarang. 

Di dalam kitab Primbon ini dituliskan bahwa terdapat 12 bulan di dalam satu tahun yang dimulai dengan bulan Suro dan diakhiri dengan bulan Besar. Setiap bulan memiliki makna nya tersendiri. Sebelum membahas lebih jauh, berikut adalah ke 12 bulan yang terdapat di dalam kitab Primbon. 

  1. Suro
  2. Sapar
  3. Mulud
  4. Bakda Mulud
  5. Jumadil Awal
  6. Jumadil Akhir
  7. Rejeb
  8. Ruwah
  9. Poso
  10. Syawal
  11. Api 
  12. Besar

Diantara ke 12 bulan di atas, hanya ada 4 bulan yang dianggap baik untuk mengadakan acara pernikahan. Untuk itu mari kita bahas lebih rinci ke 4 bulan yang cocok untuk kalian yang ingin menggelar sebuah pernikahan.

Bulan Yang Baik Untuk Mengadakan Pernikahan

  • Bulan Besar

Di dalam kitab Primbon, Bulan Besar merupakan salah satu bulan yang baik. Dimana di dalam bulan ini kalian bisa mengadakan segala acara karena dipercaya Bulan Besar merupakan bulan yang penuh rejeki dan juga kebahagiaan. 

Dimulai dengan bulan yang baik maka dipercaya kehidupan rumah tangga yang kalian bangun juga akan selalu diberkahi dengan rezeki yang lancar dan kebahagiaan akan selalu terasa di dalam keluarga.

  • Bulan Jumadil Akhir

Kedua terdapat Bulan Jumadil Akhir yang bisa kalian pilih untuk mengadakan acara pernikahan. Dimana dipercaya Bulan Jumadil Akhir adalah bulan yang tepat untuk mengadakan acara pernikahan karena dapat mendatangkan banyak keberuntungan. Bahkan keberuntungan ini dapat membuat kalian menjadi seseorang yang memiliki kekayaan yang melimpah ruah.

  • Bulan Ruwah

Bulan Ruwah bisa kalian pilih sebagai salah satu bulan yang baik untuk mengadakan acara pernikahan. Dimana dipercaya jika kalian melangsungkan pernikahan pada tahun ini maka rumah tangga yang kalian bina akan mendapatkan keselamatan dan kedamaian. Pertengkaran yang terjadi akan segera teratasi tanpa menimbulkan banyak masalah. 

  • Bulan Rajab

Yang terakhir adalah Bulan Rajab, dimana bulan satu ini bisa dibilang sebagai salah satu bulan yang sangat baik untuk melaksanakan sebuah acara pernikahan. Karena di Bulan Rajab dipercaya di dalam keluarga yang kalian bangun akan mendapatkan keberkahan yang melimpah, keselamatan, dan kalian dapat memiliki banyak momongan. 

Bulan Yang Tidak Baik Dalam Mengadakan Pernikahan

Jika terdapat bulan baik maka ada juga sebaliknya. Jika kalian memaksakan diri untuk tetap menikah di salah satu bulan di bawah, maka dipercaya rumah tangga yang kalian bina juga akan berdampak buruk.

  • Bulan Sapar

Melaksanakan acara pernikahan di Bulan Sapar bisa – bisa saja. Namun kalian harus berpikir dua kali, karena menurut kitab Primbon jika kalian menikah di bulan ini maka kehidupan rumah tangga kalian akan terlilit hutang dan serba kekurangan. 

  • Bulan Syawal

Bulan Syawal juga termasuk bulan yang kurang baik untuk mengadakan hajatan, hal ini karena dipercaya akan mempengaruhi kehidupan rumah tangga kalian. Rumah tangga kalian akan mengalami kekurangan dan terlilit hutang dimana-mana.

Bulan-bulan ini memang baik, namun di dalam Primbon Jawa weton dan neptu juga berpengaruh terhadap hari-hari tersebut. Untuk itu cobalah bertanya kepada orang yang mengerti sehingga kalian akan dicairkan bulan yang tepat untuk kalian mengadakan acara pernikahan.

Itu dia bulan-bulan baik yang bisa kalian pilih untuk mengadakan acara pernikahan. Semoga bermanfaat dan segala yang sudah kalian rencanakan juga akan berjalan sesuai rencana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *