RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

Jhator – Adat Dari Tibet

Orang-orang yang berada di Tibet ataupun Mongolia memiliki pemakaman yang tergolong unik. Seperti yang kita ketahui pada umumnya manusia yang sudah wafat akan dikuburkan atau dikremasi (dibakar). Namun hal tersebut tidak berlaku di Tibet atau Mongolia, sebelumnya jenazahnya dibersihkan dan dibungkus dengan kain putih dengan posisi meringkuk seperti janin. Sebagian jenazah yang tidak bisa diposisikan serupa akan dibiarkan dalam telentang.

Setelah itu akan diadakan ritual yang dipimpin oleh Rogyapas. Rogyapas yang ditemani oleh beberapa asisten ini akan menghancurkan tulang dan daging kemudian dicampurkan dengan tepung, mentega dan susu. Kemudian potongan tersebut akan diberi makan kepada burung nasar. Selain itu ada juga yang langsung menggeletakkan jenazah di padang rumput dan menyalakan dupa agar burung-burung nasar tersebut datang dan memakan habis jenazah tersebut.

Hal ini dilakukan karena menurut warga sekitar manusia harus memiliki manfaat kepada makhluk hidup lainnya. Dengan memberikan makan kepada para burung, artinya ini adalah amal terakhir yang bisa dilakukan. Namun warga percaya bahwa jenazah harus dimakan habis, jika kondisi jenazah bersih artinya dia melakukan kebaikan yang banyak dikehidupannya. Namun jika tidak habis dimakan artinya dia melakukan banyak kesalahan semasa hidupnya.

Semua ini adalah kepercayaan masing-masing, jadi kita harus saling menghargai yah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *