RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

Luukthep Spirit Doll Asal Thailand Yang Dipercaya Dapat Membawa Berkah

Pada zaman modern seperti sekarang, perkembangan tren dapat tersebar luas dengan mudah. Dibantu dengan medsos membuat tren lebih tersebar dengan pesat. Salah satu tren yang lumayan menyita perhatian adalah banyaknya orang yang mulai memiliki Spirit doll atau boneka yang dipercaya diisi oleh arwah. Sebenarnya boneka seperti ini sudah ada sejak jaman dahulu, namun akhir-akhir ini boneka yang tren tersebut berasal dari Thailand. Dimana di Thailand sendiri, boneka tersebut dipanggil dengan nama Luukthep. Luk artinya anak dan Thep artinya dewa atau bidadari, jadi bisa diartikan Luukthep memiliki arti anak dewa atau anak bidadari. Untuk lebih mengetahuinya mari kita bahas lebih dalam tentang Luukthep.

Asal Usul

Seperti di Indonesia, di Thailand juga banyak terdapat benda mistis atau jimat yang digunakan oleh mereka yang mempercayainya. Salah satu benda mistis yang sering digunakan adalah Kuman Thong. Dimana Kuman Thong sendiri merupakan boneka yang dipercaya sebagai jimat yang membawa keberuntungan. Banyak dukun di Thailand yang menggunakan Kuman Thong sebagai jimat. Kuman Thong sendiri memiliki 2 jenis ada yang berbentuk seperti boneka kecil atau janin bayi hasil aborsi, Kuman Thong ini  biasanya dipajang atau dikantongi.

Luukthep sebenarnya adalah versi modern dari Kuman Thong. Luukthep ini berbentuk seperti boneka pada umumnya, berbahan vinyl yang diisi dengan kapas. Memiliki warna kulit yang dibuat mirip dengan manusia. Selain itu, boneka ini memiliki rambut yang bagus sehingga bisa diikat atau diberikan aksesoris layaknya anak. Yang membuat Luukthep semakin diminati adalah Luukthep dapat didandani layaknya anak sungguhan. Jika di Indonesia bentuk boneka ini sangat mirip dengan boneka susan yang kita kenal.

Walaupun berbentuk boneka, sebenarnya Luukthep masuk ke dalam barang tahayul atau jimat. Hal ini dikarenakan Luukthep dipercaya merupakan benda yang dapat membawa keberuntungan dan  kemakmuran bagi pemilik. Para pemilik Luukthep percaya bahwa boneka yang mereka beli sudah diisi oleh roh anak-anak yang meninggal sebelum lahir. Dimana arwah tersebut akan masuk ke dalam boneka. Hal inilah yang membuat para pemilik merawat Luukthep seperti anak sendiri. 

Tren satu ini baru populer pada tahun 2015, hal ini dikarenakan salah satu dukun terkenal di Thailand yang menceritakan pengalamannya terhadap Luukthep. Nama dukun tesebut adalah Mo Mek. Ceritanya berawal ketika Mo Mek sedang berjalan-jalan di mall dan melihat sebuah boneka. Ketika melihat boneka tersebut Mo Mek merasakan bahwa boneka tersebut menatapnya dengan sedih. Akhirnya Mo Mek mendekati boneka tersebut, ketika mendekat Mo Mek merasa boneka tersebut seperti berkata bahwa ia ingin ikut dengan Mo Mek. Mendengar hal tersebut Mo Mek berbicara dengan boneka tersebut dan kemudian menantangnya dengan berkata “coba beri aku 39.999 baht dalam waktu 1 Jam”, setelah itu Mo Mek pergi meninggalkan boneka tersebut untuk pergi makan. Namun tak diduga ketika dia sedang makan, Mo Mek mendapatkan notifikasi transferan sebesar nominal yang ia sebutkan pada boneka tersebut. Ternyata transferan tersebut ia dapatkan dari seseorang yang membayar pekerjaan nya yang sudah lama, padahal Mo Mek sudah tidak ingat lagi dengan pekerjaan tersebut.

Hal ini yang membuat Mo Mek kembali ke toko tersebut dan membawa pulang boneka tersebut yang kemudian ia beri nama Albert. Cerita ini tersebar luas dan membuat Luukthep dipercaya sebagai benda yang dapat mendatangkan rejeki bagi pemilik nya. 

Cara Memiliki Luukthep Di Thailand

Untuk memiliki Luukthep kalian tidak bisa sembarang membeli, karena harus ada proses adopsi. Dimana kalian harus melewati ritual Buccha, dimana hal ini berarti harus melewati proses pemberkatan. Setelah mengadopsi kalian harus memperlakukan Luukthep tersebut layaknya seorang anak manusia. 

Boneka Luukthep ini sendiri sudah dapat dibeli di offline maupun online shop. Luukthep sendiri sudah mulai diekspor loh keluar negeri. Namun boneka Luukthep sempat menjadi sendiri sempat bermasalah, karena pada Januari 2016  di Bandara Chiang mai terdapat sebuah boneka Luukthep yang diisi dengan narkoba. Karena masalah ini kepolisian membuat kebijakan untuk memiliki Luukthep seseorang harus memiliki Laporan pajak dan surat kepemilikan 

Perlakuan Para Orang Tua Terhadap Luukthep

Layaknya seorang anak, Luukthep akan diperlakukan dengan sangat baik. Dimana para Luukthep ini akan dimandikan, diberi makan, diberi minum, diajak bermain, dll. Bahkan para orang tua percaya bahwa Luukthep ini memiliki hal yang disukai dan tidak. Misalkan Luukthep yang memiliki makanan favorit atau mainan yang disukai, namun ada juga makanan yang tidak mereka sukai.

Bahkan saking terkenalnya Luukthep ini, sudah banyak tempat-tempat yang memberikan fasilitas umum untuk Luukthep. Seperti tempat duduk di bandara dan di dalam pesawat, rumah makan, salon, bahkan ada tempat les musik yang dikhususkan untuk Luukthep yang mereka miliki. 

Jika kalian sedang di Thailand dan ingin berkumpul dengan komunitas Luukthep, kalian bisa pergi ke Pattaya karena setiap hari selalu ada komunitas yang berkumpul untuk melakukan banyak hal dengan membawa Luukthep yang mereka miliki. Bagaimana tertarik untuk memiliki Luukthep? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *