RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

Paranormal Activity (2007)

Paranormal Activity adalah film horor gaib yang ditemukan secara gaib yang benar-benar tahu cara menakut-nakuti dengan sedikit cara. Premisnya sederhana, latar rumah, pemainnya adalah pasangan, dan rekamannya diambil dengan camcorder untuk menciptakan kisah teror murni yang sangat intim dan dekat. Setiap adegan berfungsi dan tidak ada gangguan yang menyimpang dari cerita tentang seorang wanita yang diteror oleh kehadiran yang tidak diketahui di tengah malam. Bagi kita yang takut gelap, melihat bayangan merayap di dinding saat berbaring di tempat tidur di malam hari, dan yang memiliki imajinasi besar, film ini akan menjadi perjalanan mimpi buruk.

Plot

Semuanya dimulai pada tanggal 18 September 2006 di San Diego, ketika Micah membawa pulang sebuah camcorder untuk merekam hal-hal aneh yang terjadi di malam hari. Katie mengira dia dilecehkan oleh entitas yang tidak dikenal, tetapi Micah mengira itu hanya anak-anak yang mengerjai. Tetapi setelah mereka memasang kamera di kamar tidur mereka dan menonton rekaman keesokan harinya, ada sesuatu yang salah di rumah mereka, yang mungkin berhantu. Dan ketika Micah bermain dengan papan ouija, setelah secara khusus diberitahu untuk tidak melakukannya, semuanya kacau balau.

Kenapa harus menonton

Paranormal Activity memiliki plot yang sangat sederhana, namun disitulah letak kekuatan filmnya. Ini sangat normal, rumah yang normal, pasangan yang normal, percakapan dan perilaku yang realistis, sehingga semuanya tampak terlalu nyata. Membangun basis yang sangat bisa dipercaya, membuat hantu-hantu itu juga semakin bisa dipercaya dan perlahan penonton tersedot ke dalam teror yang dialami Katie dan Micah.

Ketakutan memiliki penumpukan yang hebat, yang berubah dari buruk menjadi lebih buruk. Ini dimulai dengan sangat halus, tetapi menjadi lebih intens dan menakutkan di sepanjang jalan, meneror pasangan. Tapi itu tidak semua tentang ketakutan, ada juga misteri. Bukan hanya film yang mengandalkan jumpscare, tetapi menciptakan suasana yang menakutkan, melalui sinematografi “rekaman nyata” yang ditonton Katie dan Micah. Dan itu juga perlahan menciptakan latar belakang cerita yang meningkatkan misteri alih-alih menjelaskannya sepenuhnya, meninggalkan banyak ruang untuk film-film masa depan untuk mengeksplorasi mitologi di baliknya.

Alasan mengapa film ini begitu menakutkan bagi kebanyakan dari kita, adalah karena film ini membahas ketakutan manusia yang ada di dalamnya. Takut akan kegelapan, sesuatu, pemangsa, mengintai dalam kegelapan, siap melahap kita. Takut akan hal yang tidak diketahui, sesuatu yang tidak dapat dilihat dan karena itu tidak dapat diperangi. Masa kecil kita takut bahwa benar-benar ada hantu atau monster yang bersembunyi di bawah tempat tidur kita atau di dalam lemari. Aktivitas Paranormal memanfaatkan ketakutan ini dengan sangat baik yang kita semua bawa, meskipun dalam derajat yang berbeda-beda.

Bagaimana cerita terungkap diceritakan dengan cara yang sangat alami. Membangun di atas pasangan normal dan lingkungan. Pencarian mereka untuk menjelaskan semuanya, mengikuti jalur logis dari camcorder ke media Dr Frederiksen dan akhirnya keputusasaan, ketakutan nyata dan nasib akhirnya mereka. Ketiadaan musik juga membuatnya lebih realistis, karena film footage yang ditemukan secara nyata tidak memiliki musik untuk meningkatkan suasana. Sedangkan efek suara juga terasa sangat realistis seperti halnya audio saat mereka berbicara.

Hantunya halus dan sederhana tetapi lebih realistis untuk itu. Suara ketukan, suara langkah kaki berlari, langkah kaki terdengar menaiki tangga. Tembakan lebar dari kamar tidur dan pintu yang terbuka, tetapi kadang-kadang didorong lebih terbuka atau dibanting menutup. Tamasya Katie sambil berjalan sambil tidur. Di atas kertas, ini adalah kiasan horor yang sangat klise untuk ditakuti, tetapi mereka bekerja dengan sangat baik untuk menciptakan suasana yang benar-benar menakutkan. Hanya dengan menjaga agar ketakutan tetap halus dan kecil, tidak pernah berlebihan, membuatnya tetap realistis dan memberikan ilusi bahwa itu bisa terjadi pada Anda di rumah Anda.

Ketakutan yang diungkapkan Katie dan Micah juga sangat nyata, dan itu menular ke penonton. Tindakan mereka sangat logis dan alami, sama sekali tidak seperti kebanyakan karakter berperilaku di dunia film, tetapi mereka melakukan tindakan yang mungkin Anda lakukan juga. Seperti menaburkan tepung ke lantai untuk melihat apakah entitas fisik tetapi tak terlihat benar-benar berkeliaran di rumah. Atau bahwa Micah tidak begitu tertarik untuk percaya bahwa mereka berurusan dengan setan atau hantu atau entitas pada awalnya.

Ini adalah film yang dibuat dengan sangat baik yang memanfaatkan taktik menakut-nakuti klise dengan sangat baik tetapi mengubahnya menjadi sesuatu yang begitu biasa dan kembali ke dasar sehingga menjadi sangat menakutkan lagi. Sangat mengandalkan suasana, sugesti, dan kejadian-kejadian mengganggu yang terungkap, film ini lebih dari sekadar film menakutkan. Ini telah menjadi teror malam kehidupan nyata.

Bagian Favorit saya

Fakta bahwa film berhasil membuat penonton duduk di tepi kursi mereka sepanjang waktu selama film, adalah prestasi yang luar biasa. Ini telah menciptakan suasana di mana Anda dapat mengharapkan apa pun kapan saja. Ketegangan tanpa henti dan tidak pernah meninggalkan rumah atau layar, sementara tetap sangat sulit dipahami dan misterius dan tanpa pernah menunjukkan entitas itu sendiri, hanya sebuah bentuk. Itu bahkan tidak menunjukkan tidak memberi tahu tetapi tidak menunjukkan saran. Masukkan pikiran yang menakutkan ke dalam benak pemirsa dan bangun di atasnya, ciptakan sesuatu yang sangat menakutkan sehingga Anda tidak ingin melihatnya. Seperti saat kau bersembunyi di balik selimut saat kau masih kecil

Setiap sedikit menghantui saya menikmati sepenuhnya. Saya benar-benar suka ketika sebuah film berhasil menakut-nakuti saya apa yang hanya dilakukan oleh beberapa film. Tapi Paranormal Activity membuatku merinding setiap kali menontonnya. Itu tidak pernah menjadi tua, karena ketakutan bawaan dalam diri kita tetap sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *