RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

Review KKN di Desa Penari, Film Hantu Terlaris

KKN di Desa Penari merupakan sebuah thread yang ditulis oleh akun SimpleMan (@SimpleM81378523) sempat viral pada 20 Juni 2019. Di dalam thread tersebut menceritakan tentang sekelompok mahasiswa yang sedang melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata) dan harus mencari sebuah tempat sebagai bahan untuk menuliskan laporan. Akhirnya ditemukanlah sebuah tempat yang dirasa cocok, namun siapa sangka KKN tersebut berakhir tragis. Di dalam thread yang dibagikan terbagi atas beberapa part sesuai dengan sudut pandang beberapa peserta KKN. 

KKN di Desa Penari menjadi booming karena dianggap jalan ceritanya sangat menyeramkan. Bahkan saking booming nya banyak sekali youtuber yang akhirnya mulai menceritakannya kembali di dalam youtube mereka. Melihat respon positif dari masyarakat membuat sutradara Awi Suryadi pun mengangkat cerita ini ke dalam sebuah film. Film yang harus nya tayang pada tahun 2020 ini pun terpaksa menundanya karena pandemi. Akhirnya pada tanggal 30 April 2022 film ini ditayangkan serempak di seluruh bioskop yang ada di Indonesia. Sungguh luar biasa minat penonton karena di hari pertama penayangannya film KKN di Desa Penari berhasil meraih 4.62 juta penonton.

Sinopsis KKN di Desa Penari

Enam mahasiswa yang melaksanakan KKN di sebuah desa terpencil Bima (Achmad Megantara), Nur (Tissa Biani), Ayu (Aghniny Haque), Widya (Adinda Tomas), Anton (Calvin Jeremy) dan Wahyu (Fajar Nugra) tidak pernah menyangka kalau desa yang mereka pilih ternyata bukanlah desa biasa. Pak Prabu, sang kepala desa, memperingatkan mereka untuk tidak melewati batas gapura terlarang. Satu per satu dari mereka mulai merasakan keanehan desa tersebut. Bima pun mulai berubah sikap dan program KKN mereka berantakan. Tampaknya, penghuni gaib desa tersebut tidak menyukai mereka. Nur akhirnya menemukan fakta bahwa salah satu dari mereka melanggar aturan yang paling fatal di desa tersebut. Teror sosok penari misterius semakin menyeramkan. Mereka meminta bantuan Mbah Buyut, yang merupakan dukun setempat. Sayangnya, mereka terancam tidak bisa pulang dengan selamat dari desa yang dikenal dengan sebutan desa penari tersebut. 

Nah bagi kalian yang ingin menonton KKN di Desa Penari, mbah akan memberikan review.

Review KKN di Desa Penari

Kelebihan Dari Film KKN di Desa Penari

  • Akting para pemain terbilang baik, karena dapat memerankan peran mereka dengan sangat baik. Apalagi Widya yang diperankan oleh Adinda Thomas, ekspresinya dapat membuat semua penonton merinding. 
  • Alunan musik lagu-lagu khas sinden di dalam film bisa membuat seseorang merinding. Apalagi suara gamelan yang ada disana. 
  • Gambar dan desain suara film ini begitu eksotis, membuat mata penonton termanjakan dan terhibur dengan nyatanya desa gaib tersebut.
  • Tarian para pemain termasuk baik dan luwes.
  • Make up para pemain utama sangat baik.
  • Di dalam film KKN di Desa Penari memang tidak memiliki banyak jumpscare. Namun suasana seram menjadi tersusun rapi dan tidak dipaksakan untuk menakuti penonton, hal ini sudah membuat bulu kuduk para penonton menjadi berdiri. 

Kekurangan Dari Film KKN di Desa Penari

  • Jika kalian belum membaca Thread di twitter, diharapkan untuk membacanya terlebih dahulu. Karena bisa dibilang alur ceritanya kurang, sehingga kalian akan sulit untuk mengerti dari maksud film.
  • Selain itu alur ceritanya juga tergolong kurang konsisten dan kehilangan fokus. Mungkin hal ini dikarenakan banyak hal yang harus dijelaskan di dalam film. Apalagi di thread terdapat beberapa sudut pandang, sedangkan di dalam film semua dicampur menjadi satu. Sehingga transisi alur scene seakan meloncat dari satu adegan ke adegan lainnya.
  • Alunan musik baik namun sayang sound atau backsound musik terdengar bising karena terlalu keras. Memang di dalam sebuah film sound dibutuhkan untuk membangun sebuah film menjadi lebih menegangkan. Namun jika suara tersebut terlalu besar maka akan mengganggu.
  • Di akhir cerita, film  ini mungkin ingin mencoba memasukkan unsur yang berbeda dari materi simple man. Seperti saat penulis naskah mengubah mbah tetua desa yang dengan begitu aneh dan tidak masuk akal tiba-tiba berubah menjadi seekor anjing yang memandu Widya kembali setelah hilang berhari-hari. 
  • Riasan sebenarnya baik terutama hiasan untuk pemain utama seperti mbah DIk dan Badarawuhi. Namun sayangnya untuk riasan para penunggang yang sedang berpesta tidak sebaik para pemain utama.

Bagaimana berniat untuk menonton KKN di Desa Penari?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *