RAWON.ID

Semua Tentang Mistis

Review Suzzanna; Bernapas Dalam Kubur, Yang Termasuk Sebagai Film Horor Terbaik Indonesia

Semakin tahun perfilman indonesia semakin berkembang, termasuk film hantu yang semakin baik dan memiliki alur yang menarik. Salah satu film hantu indonesia yang sempat mencuri perhatian penonton pada 2018 adalah Suzzanna; Bernapas Dalam Kubur. Film ini ditonton sebanyak 3.346.185 dan berhasil meraih peringkat 2 dalam top 10 film terlaris Indonesia pada 2018. Bagi kalian yang belum pernah menonton film hantu satu ini, Rawon.id akan membahas lebih dalam untuk kalian. 

Sinopsis

Film ini mengisahkan Suzzanna (Luna Maya) dan Satria (Herjunot Ali) yang sudah menikah selama 5 tahun namun belum dikarunia oleh anak. Suatu ketika akhirnya suzzanna hamil namun sayang sang suami harus pergi dinas keluar kota. 

Kepergian sang suami dimanfaatkan oleh 4 karyawannya untuk membalaskan dendam mereka. Dimana mereka berniat untuk merampok ketika sang tuan sedang tidak berada di rumah. Akhirnya pun mereka melaksanakan rencana mereka namun sayangnya perampokan itu berujung kematian Suzzanna.

Kawanan perampok ini panik dan akhirnya mengubur jenazah Suzzanna di belakang rumah. Tetapi keesokan harinya, Suzzanna beraktivitas seperti biasa dan seperti tidak terjadi apa-apa.

Kelebihan Dari Film Suzzanna; Bernafas Dalam Kubur

Film satu ini memang pantas dinobatkan sebagai film horror terbaik di tahun 2018. Walaupun menggunakan nama besar Suzzanna, namun ternyata film ini bukan lah film remake atau menceritakan kembali film-film Suzzanna yang sudah ada. Film Suzzanna; Bernapas Dalam Kubur memiliki jalan cerita baru yang akan membuat kalian merasakan sensasi yang menegangkan, mengerikan, bahkan kelucuan pun ada di dalam film satu ini. 

Sudah banyak sekali film horor Indonesia yang mengusung horor komedi, namun banyak sekali film yang gagal dan akhirnya antara kengerian dan komedi ini sama sekali tidak pas. Berbeda dengan Suzzanna; Bernapas Dalam Kuburan yang memiliki alur cerita sangat baik dan fresh. Dimana komedi ini ditempatkan dan porsinya juga sangat pas. Sehingga penonton tetap akan mendapatkan kengerian dari film ini sekaligus komedinya. Apalagi para pembantu yang diperankan oleh Opie Kumis, Asri Welas, dan Ence bagus semakin melengkapi film ini. Selain itu di dalam film ini juga menggunakan rumus-rumus film horor lawas khas Suzzanna. Mulai dari nyanyian khas Suzzanna, adegan kiss-bye, hingga pemeran pendukung juga menjalankan peran mereka dengan baik.

Sinematrofi nya sangat baik jadi tidak heran jika film Suzzanna; Bernapas Dalam Kubur mendapatkan peringkat 2 dalam top 10 film Indonesia. Dimana pergerakan kamera dalam sejumlah adegan terasa sangat keren, tidak kalah dengan film-film internasional. Selain itu disaat aksu dan juga kematian terlihat begitu nyata, sehingga para penonton merasakan sensasi seperti sesungguhnya. Jumpscare juga tidak berlebihan sehingga yang menonton juga akan merasakan kenegerian di tengah menonton film ini. 

Untuk make up dari Luna Maya sebagai Suzzanna juga harus diacungi jempol karena sangat mirip dengan Suzzanna yang aslinya. 

Kekurangan Dari Film Suzzanna; Bernapas Dalam Kubur

Secara keseluruhan film ini bisa dibilang sangat baik, namun sayang nya ada beberapa adegan yang mendatangkan pertanyaannya. Dimana hal ini terjadi di pertengahan film hingga akhir film. Banyak adegan yang terasa seolah disambung – sambungkan karena ingin segera mencapai klimaks. Seperti ketika suzana berhasil mempengaruhi salah satu pembunuhnya untuk membunuh yang lain. Bukannya mendapatkan hukuman, namun dengan santainya sang pembunuh malah melapor ke dukun agar bisa selamat dari teror Suzzanna. Hal ini dianggap terlalu memaksakan.

Selain itu terkadang cerita kesedihan Suzzanna menjadi lebih mendominasi yang membuat film ini menjadi seperti drama. 

Disini terlihat Luna Maya sulit untuk menunjukkan acting nya lewat ekspresi wajah karena prostetik make up. Sehingga terkadang akting nya terlihat kaku. Selain itu cara bicara memang bisa dibilang mirip namun tidak konsisten. Dimana ada beberapa scene yang terlihat dubbing nya tidak sinkron sehingga terlihat aneh. 

Bagi kalian yang ingin menonton film horor Indonesia dengan komedian, film Suzzanna; Bernapas Dalam Kubur ini sangat mbah rekomendasi. Karena kalian akan disuguhkan film horor yang sesungguhnya. Selain itu chemistry antar pemain juga termasuk sangat bagus. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *